Tips menyembunyikan foto atau video di iPhone dan iPad

Tips menyembunyikan foto atau video di iPhone dan iPad

Techno.id - Sejak iOS versi 8 dirilis, pengguna diberikan keleluasaan oleh Apple untuk dapat menyembunyikan foto maupun video. Hal ini dapat dilakukan dengan menahan jari selama beberapa detik hingga muncul opsi "Hide" pada foto atau foto yang dituju.

Selanjutnya, foto atau video tersebut akan berpindah lokasi secara otomatis ke dalam folder khusus bernama "Hidden". Sayangnya, foto atau video tersebut tidak dilindungi dengan fitur password sehingga masih dapat diakses oleh siapa pun.

Salah satu alternatif yang menarik dan aman untuk dicoba adalah memanfaatkan bantuan aplikasi bernama Secret Photo & Video Calculator. Sesuai namanya, aplikasi unik ini memiliki tampilan antarmuka layaknya aplikasi kalkulator. Namun sebenarnya memiliki fungsi utamanya adalah untuk membantu menyembunyikan koleksi foto dan video dengan fitur password.

Tips menyembunyikan foto atau video di iPhone dan iPad

Hal menarik lainnya adalah daftar aplikasi pada perangkat iOS Anda juga akan mendeteksi aplikasi ini sebagai aplikasi kalkulator. Dengan kelebihan tersebut, setidaknya aplikasi ini dapat 'menyamarkan diri' bagi orang lain yang ingin mengakses perangkat iOS Anda.

Di samping fungsi utama tersebut, aplikasi ini juga menawarkan hidden notes, contact information, dan browser bookmarks. Namun sayangnya aplikasi ini tidak sepenuhnya gratis. Dengan kata lain, Anda harus membelinya untuk menikmati keseluruhan fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Secret Photo & Video Calculator.

Untuk saat ini aplikasi Secret Photo & Video Calculator telah tersedia dalam versi perdana (versi 1.1) dan hanya berukuran sebesar 2,3MB saja. Untuk mendapatkan aplikasi ini dapat langsung mengunjungi halaman resmi App Store.

(brl/red)