CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 12 Mei 2016 15:00

Mengapa Instagram mengganti ikonnya?

"Ikon dan desain Instagram sebelumnya, harus diakui, kurang merefleksikan komunitas kami dan kami rasa kami bisa membuatnya lebih baik."

Mengapa Instagram mengganti ikonnya?

Techno.id - Walau Instagram sudah lama identik dengan ikon kamera polaroid, tetapi tampilannya masih dirasa kurang sempurna. Anak perusahaan Facebook Inc. itu pun secara resmi mengenalkan desain ikon anyarnya Rabu (11/05/16) waktu setempat sekaligus tampilannya yang lebih fokus menonjolkan konten user.

Meskipun baru, ikon Instagram yang flat ini tetap terinspirasi dengan ikon lawasnya. Namun ikon kamera yang diusung jauh lebih simpel dan diselimuti gradien warna yang cerah.

Menurut Ian Spalter, Head of Design Instagram, penggantian ikon dan desain ini adalah bentuk apresiasi Instagram untuk pengguna setianya.

"Ikon dan desain Instagram sebelumnya, harus diakui, kurang merefleksikan komunitas kami dan kami rasa kami bisa membuatnya lebih baik," terang Ian di blogpost yang ia publikasikan di Medium (11/05/16).

Tampilan baru aplikasi Instagram
© 2016 Instagram



 

Menariknya, aplikasi pendukung Instagram lain juga ikut berganti ikon dengan style yang sama. Mereka adalah Layout, Boomerang, dan Hyperlapse. Sekilas, ikon anyar mereka lebih mencerminkan fungsi dan karakter dari masing-masing aplikasi itu sendiri, misal Boomerang yang dapat digunakan untuk membuat gif kini memakai simbol infinity.

 

Perubahan ikon dan sejumlah layanan Instagram
© 2016 Instagram

 

Instagram belakangan diakui sebagai jejaring sosial yang pertumbuhan user-nya cukup baik. Saat ini, ada lebih dari 400 juta orang yang menggunakan platform berusia 5 tahun itu. Mereka saling berbagi 80 juta foto dan video setiap harinya.

WHAT TO READ NEXT ?