Peneliti MIT: Di masa depan jalanan tak memerlukan lampu lalu lintas!

Peneliti MIT: Di masa depan jalanan tak memerlukan lampu lalu lintas!

Techno.id - Apa jadinya jika jalanan terlebih persimpangan tak lagi menggunakan trafic light untuk mengatur laju lalu lintas? Anda tentu berpikir lalu lintas akan semakin semrawut, tapi tidak begitu dengan yang dipikirkan oleh para peneliti asal Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Para peneliti di sana mengungkapkan jika di masa depan bisa jadi jalanan dunia tak lagi memerlukan trafic light. Pasalnya, di masa depan para peneliti memperkirakan jumlah pengguna mobil otonom akan bertambah banyak dan trafic light sudah tak lagi ideal dengan konsep mobil itu.

Nah, untuk mengatasi kemungkinan permasalahan di masa depan itu, para peneliti dilaporkan telah membuat sebuah sistem lalu lintas yang tak lagi menggunakan trafic light untuk mengatur laju kendaraan terutama di perempatan. Sebagaimana dilansir oleh SlashGear (21/3/16), para peneliti dilaporkan telah membuat sistem lalu lintas berbasis slot yang diklaim dapat membuat laju kendaraan di perempatan jalan jauh lebih rapi dan minim terjadi kecelakaan.

Untuk menggunakan sistem ini, para peneliti mengungkapkan mobil-mobil yang ada di jalanan haruslah yang memiliki teknologi cerdas atau minimal mobil otonom. Peneliti berujar, kendaraan wajib mengusung struktur komunikasi secara nirkabel untuk dapat menerima sinyal situasi lalu lintas dan mengendalikan kapan mesin harus berhenti ketika di persimpangan.

Sayangnya, para peneliti menegaskan jika saat ini sistem masih belum siap diimplementasikan di jalanan. Kabarnya, sistem baru bisa benar-benar digunakan saat rerata kendaraan yang ada di jalanan telah mengusung sistem cerdas atau otonom.

(brl/red)