Astronom asing daftarkan diri teliti gerhana matahari total

Astronom asing daftarkan diri teliti gerhana matahari total

Techno.id - Seperti diketahui, gerhana matahari total akan sambangi Indonesia pada 9 Maret 2016 mendatang. Berbagai pihak nampak antusias menyambut fenomena langka ini, tak terkecuali para astronom asing.

Dilaporkan oleh Antara (15/4/15), hingga saat ini, sedikitnya ada 13 orang astronom asing telah mendaftarkan diri ke Lembaga Penelitian Antariksa Nasional (Lapan).

"Meski masih lama, tapi sejumlah astronom asing sudah mendaftar. Hingga 8 April 2015 lalu sudah ada 13 orang yang mendaftar guna penelitian gerhana matahari total itu," kata Kepala Lapan, Thomas Djamaludin.

Menurut Thomas, para astronom asing itu datang dari berbagai belahan dunia, diantaranya Jepang, Australia, Amerika Serikat, Jerman, Malaysia dan Vietnam. Bahkan, Thomas yakin jumlah tersebut akan terus bertambah, mengingat fenomena alam gerhana matahari total merupakan fenomena langka.

Keyakinan Thomas tersebut bukan tanpa alasan, karena pada 11 Juni 1983 silam saja, tercatat sebanyak 250 astronom luar negeri dan sebanyak 300.000 turis mancanegara datang ke Indonesia untuk mengamati fenomena langka tersebut.

(brl/red)