Peneliti temukan DNA Neandhertal tertua

Techno.id - Sejumlah peneliti di Italia telah menemukan DNA kerangka manusia Neandhertal tertua di sebuah gua di Italia. Temuan tersebut selain menemukan DNA Neandhertal tertua, peneliti juga mengakui, dengan temuan ini akan menghasilkan gambaran lengkap tentang kehidupan Neandhertal. Seperti yang dilansir oleh Mashable.com (11/04/15), Neandhertal adalah kerabat terdekat manusia modern yang pernah tinggal di Eropa dan Asia sampai mereka punah sekitar 40.000 tahun yang lalu.

Sebelumnya, pada tahun 1993 para ilmuwan pernah juga menemukan kerangka utuh manusia Neandhertal di tengah-tengah stalaktit dan stalagmit gua batu dari Lamalunga, dekat Altamura, Italia selatan. Dengan temuan baru ini, ternyata Altamura adalah bagian dari Neandhertal. Bentuk bagian dari tulang tersebut memiliki kesamaan dengan Neandhertal, kata peneliti.

Selain itu, para peneliti memperkirakan temuan baru mereka ini memiliki umur sekitar 130.000 sampai 170.000 tahun. Hal ini membuat temuan ini sebagai kerangka Neandhertal tertua yang pernah diambil DNA-nya.

"Kami memiliki kerangka fosil manusia hampir lengkap untuk menggambarkan secara rinci kehidupan Neandhertal. Dan ini adalah mimpi kami," ujar Di Vincenzo, peneliti dari Sapienza University of Rome, yang dikutip dari Mashable.com (11/04/15).