Untuk urusan memindai barcode, serahkan pada aplikasi ini

Untuk urusan memindai barcode, serahkan pada aplikasi ini

Techno.id - Apakah Anda pernah melihat kasir di supermarket yang sedang memindai barcode suatu barang? Ya, kasir itu memanfaatkan scanner untuk mengetahui informasi harga pada barang. Namun sekarang, teknologi tersebut juga bisa dinikmati dari smartphone Android melalui sebuah aplikasi yang dinamakan Barcode Scanner.

Aplikasi Barcode Scanner merupakan perangkat lunak yang mampu memindai barcode ataupun QR Code. Aplikasi yang tersedia secara gratis di Google Play Store ini dapat memindai barcode dengan cepat layaknya alat pemindai barcode di swalayan. Aplikasi ini juga tidak terlalu memakan memori karena hanya mengambil ruang penyimpanan sebesar 788Kb. Saat ini, aplikasi Barcode Scanner sudah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna.

Namun, Anda tak akan bisa meminta lebih pada aplikasi tersebut. Aplikasi pemindaian untuk perangkat Android ini hanya dapat memindai dan tak mampu membuat barcode. Kelihatannya, sang pengembang, ZXing Team hanya terfokus pada proses pemindaian yang sederhana. Jadi tak heran bila ukuran aplikasi ini begitu kecil.

Karena ukurannya yang ringan tersebut, secara otomatis akan berdampak pada penggunaan aplikasi yang sangat simpel. Anda dapat memindai suatu barcode dengan cara mendekatkan ponsel, namun Anda juga harus memastikan bahwa barcode tersebut terlihat jelas oleh kamera. Bila barcode tak terlihat, Anda harus mencari lokasi lain atau menggunakan fitur flash LED pada aplikasi bawaan.

Setelah memindai, aplikasi bakal menunjukkan sebuah link yang di dalamnya terdapat informasi seputar barang. Sebagai contoh, tim Techno.id telah memindai barcode sebuah mainan mobil-mobilan. Kemudian, setelah dibuka tautan tersebut, ternyata berisi tentang informasi mobil mainan beserta beberapa seri mobil lain.

Untuk urusan memindai barcode, serahkan pada aplikasi ini

Hal ini menyenangkan, silakan Anda memindai beberapa produk yang ada di sekitar Anda dan cari tahu ada informasi apa di dalamnya.

(brl/red)