Tutorial backup WhatsApp via Google Drive

Tutorial backup WhatsApp via Google Drive

Techno.id - Sejauh ini, WhatsApp pada dasarnya memang menyediakan fitur backup. Namun fitur backup tersebut hanya bersifat lokal, yaitu melalui microSD card.

Sejak WhatsApp versi 2.12.45 dirilis, fitur backup kini lebih diperluas. Perlu diketahui bahwa fitur backup WhatsApp kali ini lebih menarik karena bersifat cloud, yaitu memanfaatkan kapasitas online gratis dari layanan Google Drive.

Tentunya syarat utama untuk memanfaatkan layanan backup cloud WhatsApp ini adalah aplikasi WhatsApp minimal versi 2.12.45, akun aktif Google, serta koneksi internet.

Untuk memulai proses backup WhatsApp via Google Drive, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengakses halaman "Settings > Chat Settings > Chat Backup" di dalam aplikasi WhatsApp.

Tutorial backup WhatsApp via Google Drive

Di halaman Chat Backup, Anda akan menemui sebuah pesan yang berbunyi "Last Google Drive backup: Never". Di bawah pesan tersebut, Anda akan menemukan opsi "Google Drive settings", pilih menu tersebut untuk memulai proses pengaturan backup via Google Drive.

Tahap selanjutnya adalah atur frekuensi backup sesuai dengan kebutuhan atau keinginan Anda. Tahap berikutnya adalah sinkronisasi dengan akun Google atau Google Drive yang akan Anda gunakan sebagai tempat penyimpanan data backup dari WhatsApp.

Pilih menu "Ok > Back up now" untuk memulai proses backup WhatsApp via Google Drive yang pertama kali dan untuk selanjutnya (atau sesuai pengaturan custom Anda). Jika Anda sudah selesai hingga tahap ini, maka proses backup WhatsApp via Google Drive sudah aktif dan dapat digunakan di kemudian hari.

Tutorial backup WhatsApp via Google Drive

Kini, yang harus Anda ketahui selanjutnya adalah proses Restore backup WhatsApp dari Google Drive. Anda tidak perlu khawatir karena tahap-tahap untuk melakukan restore adalah semudah melakukan backup. Pada intinya, Anda hanya perlu memilih opsi "Google Drive backup" untuk memulai proses restore.

(brl/red)