Wow, jejaring sosial dari Tiongkok ini sudah kalahkan WhatsApp!

Wow, jejaring sosial dari Tiongkok ini sudah kalahkan WhatsApp!

Techno.id - Sejauh ini, dominasi Facebook memang sulit untuk dihapuskan. Bayangkan saja, platform yang sudah beroperasi sejak tahun 2004 itu telah menaungi lebih dari 1,4 miliar user aktif. Secara kasat saja, angka tersebut bahkan lebih tinggi daripada total penduduk Tiongkok yang "hanya" berkisar di angka 1,3 miliar jiwa. Namun bukan itu kejutan dari Negeri Tirai Bambu kali ini, melainkan jumlah user yang menggunakan QQ.

Berdasarkan data dari We Are Social, jejaring sosial itu mempunyai potensi yang cukup besar untuk mencuri tahta Facebook. Bagaimana tidak, QQ, yang dalam data tersebut berada di posisi kedua, telah sukses mendatangkan 829 juta pengguna aktif. Perolehan ini pun membuat media sosial yang telah muncul sejak tahun 1999 silam itu mengungguli salah satu anak perusahaan Facebook, WhatsApp.

Selain QQ, ada social network lain asal Tiongkok yang berpotensi untuk merebut pasar yang lebih luas. Di posisi keempat misalnya, ada QZone yang tercatat memiliki 629 juta pengguna. Sedangkan WeChat, yang berdiri di peringkat keenam, sudah memperoleh 468 juta user. Selain tiga nama itu, masih ada beberapa jejaring sosial lain asal Tiongkok yang diprediksi akan terus berkembang, seperti Baidu Tieba dan Weibo.

Untuk mendapatkan gambaran lengkapnya, berikut Techno.id telah menyajikan data olahan Statista yang dirilis bulan Maret 2015:

Wow, jejaring sosial dari Tiongkok ini sudah kalahkan WhatsApp!

Kira-kira, butuh waktu berapa lama lagi ya agar QQ bisa menggeser Facebook?

(brl/red)