XL segera komersialisasi 4G di empat kota besar Indonesia

XL segera komersialisasi 4G di empat kota besar Indonesia

Techno.id - Layanan telekomunikasi memakai teknologi 4G LTE (long term evolution) telah disediakan secara komersial di berbagai wilayah Indonesia. XL Axiata mengaku perusahaannya sedang mempersiapkan peluncuran komersial bagi pelanggan yang tinggal di beberapa kota besar.

Kita sedang siapkan untuk peluncuran 4G LTE secara komersial di empat kota besar yaitu Jakarta, Surabaya, Denpasar dan Bandung. Akhir tahun ini keempat kota besar itu dijamin sudah bisa menikmati layanan 4G secara komersial dari XL, kata Dian Siswarini, President Director dan CEO XL Axiata.

Sebenarnya di keempat kota tersebut saat ini telah sudah tersedia layanan komunikasi berbasis 4G LTE, hanya saja layanan internet cepat di semua kota tersebut masih dalam fase trial. Ujicoba yang disediakan XL di kota-kota tersebut dikarenakan XL menyediakan 4G memakai jaringan 900 Mhz.

Yang sudah komersial di Lombok yang diluncurkan pada bulan Juni kemarin sedangkan di kota lain masih trial. Layanan 4G komersial dari XL akan menggunakan jaringan 1800 Mhz, seperti yang ada di Lombok, tambah Dian sewaktu ditemui tim Techno.id di Kota Kasablanka, Jakarta.

Terkait waktu peluncuran 4G di empat kota besar Indonesia tersebut pihak XL masih belum bisa memberikan rentang waktu pasti. Pasalnya, mereka masih harus menyelesaikan proses migrasi jaringan di 1800 Mhz yang berlangsung secara bertahap hingga akhir tahun ini.

Layanan teknologi berbasis 4G LTE memang sedang digenjot oleh berbagai operator telekomunikasi. Teknologi komunikasi terbaru itu diharapkan bisa memenuhi kebutuhan akses data internet cepat yang kian meningkat di kalangan masyarakat pengguna internet di Tanah Air.

(brl/red)