XL dan APJII kerjasama kembangkan desentralisasi IIX dan data center

XL dan APJII kerjasama kembangkan desentralisasi IIX dan data center

Techno.id - Dilansir oleh Merdeka.com (07/08/15), PT XL Axiata Tbk (XL) dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menandatangani kerjasama pengembangan desentralisasi Indonesia Internet Exchange (IIX) dan pemanfaatan infrastruktur Data Center XL beserta jaringan pendukungnya.

Melalui ini, infrastruktur XL yang tersedia di kota-kota Jakarta, Surabaya, dan Pekanbaru telah siap untuk mendukung program kerja APJII dalam rangka membentuk jaringan interkoneksi nasional.

"Melalui kolaborasi ini, para anggota APJII terutama yang berada di daerah diharapkan dapat lebih memberikan layanan yang prima bagi para pengguna jasa internet yang mereka miliki," ujar Direktur Digital Services XL, Ongki Kurniawan dikutip dari Merdeka.com (07/08/15).

XL dan APJII kerjasama kembangkan desentralisasi IIX dan data center

Ia juga menambahkan jika kerjasama ini sangat strategis dengan kebutuhan anggota APJII atas data center dan infrastruktur pendukung lainnya yang berlokasi di daerah dan memiliki standar internasional.

XL Data Center siap melayani kebutuhan anggota APJII terutama yang berada di daerah. Sehingga XL dan APJII akan mempersiapkan Data Center Pekanbaru sebagai IIX1 untuk daerah Sumatra, Data Center Jakarta sebagai IIX6 di daerah Jakarta, dan Data Center Surabaya sebagai IIX5 di daerah Surabaya.

Sementara, menurut Ketua APJII, Jamallul Izza, kerjasama ini akan dilakukan dengan seluruh operator telekomunikasi.

"Kedepan dengan semua penyedia jaringan juga, jadi kita akan lakukan kerjasama dengan yang lain juga, hanya kemarin yang baru selesai pembahasan dengan XL, kemarin selain dengan XL kita juga Mou dengan Biznet, TIM dan Liga Aplikasi," ujarnya.


(brl/red)