Dukung perekonomian rakyat, XL perluas jangkauan mFish

Dukung perekonomian rakyat, XL perluas jangkauan mFish

Techno.id - XL terus melakukan perluasan implementasi aplikasi untuk nelayan yakni melalui aplikasi mFish ke berbagai daerah. Setelah Lombok dan Bali, XL akan menuju Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, dan Jawa Timur untuk memberikan layanan tersebut.

Seperti diketahui, mFish merupakan aplikasi yang diperuntukkan bagi nelayan yang berguna untuk membantu meningkatkan produktivitas dalam menangkap ikan di laut. Melalui aplikasi ini, nelayan bisa mendapatkan berbagai informasi pokok untuk bekal ketika melaut. Selain itu, mFish juga membantu nelayan dari sisi keselamatan, budidaya perikanan, harga ikan di pasar, dan juga pelestarian lingkungan.

Dian Siswarini, Presiden Direktur XL mengungkapkan kebanggaannya bisa menghadirkan sejumlah aplikasi layanan digital yang inovatif dan mampu menjawab kebutuhan masyarakat, terutama masyarakat kecil agar bisa lebih produktif.

"Untuk hal ini, kami tidak selalu mendasarkan pada hitungan bisnis. Bagi kami yang terpenting lebih dulu adalah bagaimana bisa menangkap kebutuhan masyarakat dan kita mampu menghadirkan aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan itu," ungkap Dian.

Terdapat lebih dari 650 orang nelayan di daerah Lombok dan Bali yang sudah merasakan manfaat aplikasi besutan XL ini. Sementara itu, wilayah penerapan mFish yang baru akan meliputi tidak kurang dari 50 desa, yang berada di Kalimantan Utara, Kepulauan Riau, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, dan Papua. Hingga akhir 2015, mFish ditargetkan bisa digunakan lebih dari 23 ribu nelayan selepas program perluasan berjalan.

Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan apresiasi kepada aplikasi mFish. Sebagai bentuk nyata, pada tahun 2016 mendatang, Kementerian Kominfo akan ikut mendukung pengembangannya dengan menyediakan bantuan sekitar 100 ribu paket perangkat keras mFish yang berupa ponsel pintar serta pengisi baterai ponsel tenaga surya.

Dukungan lainnya yakni berupa penyediaan 3.000 tenaga pendamping bagi nelayan, serta dukungan bagi pengembangan infrastruktur jaringan ke lokasi penerapan mFish.

Kami sangat mengapresiasi inovasi dari teman-teman di XL yang melahirkan aplikasi digital mFish ini. Aplikasi ini menunjukkan kepada kita bahwa teknologi digital memiliki manfaat bagi siapa saja, termasuk untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat kecil di pelosok daerah sekali pun yang pada ujungnya juga akan ikut memajukan perekonomian rakyat. Seperti itulah visi pemerintah yang memang hendak menggerakkan industri digital nasional untuk bersama mendukung percepatan pembangunan, ungkap Menkominfo Rudiantara.

(brl/red)