Universitas Lampung semakin canggih dengan jaringan Aruba Networks

Universitas Lampung semakin canggih dengan jaringan Aruba Networks

Techno.id - Universitas Lampung (UNILA) dikabarkan baru-baru ini telah mengadosi infrastruktur jaringan Mobility-Defined Aruba untuk meningkatkan jaringan nirkabel di kampus tersebut. Jaringan ini diklaim akan mampu mendukung 5000 pengguna yang terdiri dari mahasiswa dan staf secara bersamaan di kampus yang luasnya 700 ribu meter persegi tersebut.

Sebelumnya, jaringan nirkabel UNILA sangat bergantung pada akses yang berdiri sendiri. Sehingga dengan banyaknya perangkat mahasiswa yang menggunakan jaringan nirkabel, jaringan yang lama tidak mampu lagi melayani permintaan koneksi perangkat nirkabel yang jumlahnya semakin naik beberapa kali lipat. Hal inilah yang menyebabkan koneksi tidak stabil dan tergantung posisi pengguna di kampus.

"Infrastruktur jaringan sebelumnya tidak mampu lagi menangani meningkatnya jumlah perangkat terkoneksi yang dibawa dan digunakan oleh para mahasiswa kami. Setiap kali akses poin habis terpakai oleh pengguna, kami harus melakukan restart. Kami juga tidak memiliki visibilitas yang cukup ke dalam infrastruktur jaringan, sehingga sulit untuk mengelola dan menjamin keamanan jaringan dan data mahasiswa kami," kata Muhamad Komarudin, Kepala Pusat Informasi dan Komunikasi Satuan Teknologi, yang bertanggung jawab atas layanan dan infrastruktur TI di UNILA.

Di samping itu, teknologi yang digunakan Aruba Networks mengklaim layanan nirkabel mereka lebih cepat, aman dan mudah untuk digunakan oleh seluruh mahasiswa. Bahkan lebih murah karena dapat menggunakan infrastruktur yang lama tanpa merombak infrastruktur secara total.

"Seiring dengan meningkatnya kebutuhan Universitas untuk selalu terkoneksi ke Internet, solusi Aruba tentunya menghadirkan jaringan nirkabel yang jauh lebih andal dan aman bagi mahasiswa UNILA, bahkan ketika perangkat yang mereka gunakan semakin meningkat. Kami senang dapat membantu UNILA mengatasi tantangan jaringan mereka, dan bergerak menuju lingkungan nirkabel generasi berikutnya yang lebih dinamis," kata James Chia, Managing Director Aruba Networks untuk Asia Tenggara.



(brl/red)