CONNECT WITH US
Denny Mahardy |
 19 Mei 2016 14:00

Telkomsel klaim siap sambut Ramadhan dan Lebaran 2016

Telkomsel memilih kota Semarang jadi titik pusat dari rombongan ujicoba jaringan yang diberangkatkan dari Jakarta dan Surabaya.

Telkomsel klaim siap sambut Ramadhan dan Lebaran 2016

Techno.id - Jelang memasuki bulan Ramadhan dan Lebaran, Telkomsel menggelar uji jaringan alias Network Drive Test di jalur mudik. Di tahun 2016, Telkomsel memilih kota Semarang jadi titik pusat dari rombongan ujicoba jaringan yang diberangkatkan dari Jakarta dan Surabaya.

Selain dilakukan di jalur mudik Pulau Jawa, rangkaian Telkomsel Network Drive Test juga dilakukan di berbagai jalur lainnya seperti di Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi menggunakan rute darat dan kereta api, sehingga secara total uji kesiapan jaringan ini mencakup jarak 10.921 km.

Mengambil tema ‘3F (First, Fastest, Finest) Journey’ diklaim memberikan kualitas prima berdasarkan standar ujicoba yang biasa dipakai. Proses ujicoba dilakukan bersamaan dari Jakarta dan Surabaya menggunakan moda transportasi bus.

Sukardi Silalahi, Direktur Jaringan Telkomsel
© 2016 techno.id/Denny Mahardy

Perjalanan dari Jakarta melintasi Cirebon, Tegal, Pekalongan, dan berakhir di Semarang. Sementara itu dari Surabaya, tim Telkomsel Network Drive Test melintasi Tuban, Kudus, dan juga berakhir di Semarang. Kedua jalur ini dipilih mengingat tingginya angka pemudik yang melintasi kedua jalur tersebut di masa-masa Lebaran.

"Masa Ramadhan dan Lebaran merupakan momen spesial bagi masyarakat Indonesia, untuk itu Telkomsel ingin memastikan seluruh layanannya berfungsi dengan baik dan dapat memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggan," kata Sukardi Silalahi, Direktur Network Telkomsel.

Sukardi melanjutkan, pihaknya juga berupaya memenuhi komunikasi berbasis internet masyarakat dengan memanfaatkan layanan Internet cepat 4G LTE. Telkomsel mengklaim 4G-nya telah tersebar di lebih dari 100 kota kabupaten yang diharapkan bakalan menambah kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi di momen spesial tersebut.

Selama momen Ramadhan dan Lebaran, khususnya di masa mudik dan pada saat Lebaran 2016, Telkomsel memprediksi akan ada lonjakan trafik komunikasi di daerah jalur mudik dan tujuan wisata dibandingkan trafik di hari biasa.

Perusahaan telekomunikasi selular terbesar di Indonesia itu memprediksi lonjakan trafik akan terjadi pada semua jenis layanan. Layanan SMS berkisar 5 persen sampai 15 persen mencapai 930 juta SMS, dan layanan Data yang akan melonjak naik antara 15 persen hingga 25 persen sampai menembus 2.700 Tera Byte.

"Kita sudah siap untuk menyambut datangya bulan Ramadhan dan Lebaran, serta menyambut para pemudik di kampung halamannya dengan jaringan Telkomsel supaya komunikasi bisa tetap lancar dan memenuhi semua kebutuhan," jelas Sukardi.

 

WHAT TO READ NEXT ?