Sukses di 23 kota, modernisasi Indosat segera sambangi 40 kota

Sukses di 23 kota, modernisasi Indosat segera sambangi 40 kota

Techno.id - Indosat telah merampungkan pemutakhiran teknologi jaringan miliknya yang berada di 23 kota di seluruh Indonesia. Operator seluler itu mengaku bakalan melanjutkan program pembangunan jaringan miliknya di 40 kota baru yang masuk dalam kategori second tier city.

Kota-kota yang masuk dalam daftar modernisasi jaringan tahap dua Indosat itu disebutkan berfokus di pulau Jawa selain Jakarta, Bandung, Surabaya dan Yogyakarta. Indosat mengaku masih akan menggunakan metode dual-carrier di program modernisasi jaringan, seperti yang telah sukses dilakukannya di 23 kota terdahulu.

"Modernisasi jaringan yang akan kita lakukan di kota-kota tier dua akan meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan yang disediakan bagi pelanggan. Kita akan pakai teknologi dual-carrier supaya bisa beri kecepatan akses dan kualitas yang baik," ungkap Joko Riswadi, Division Head Network Optimization Indosat.

Sukses di 23 kota, modernisasi Indosat segera sambangi 40 kota

Joko Riswadi, Division Head Network Optimization Indosat 2015 techno.id/Denny Mahardy

Teknologi dual-carrier merupakan pemanfaatan spektrum frekuensi yang dimiliki Indosat agar memberikan kapasitas dan kualitas layanan lebih baik. "Dual-carrier itu seperti memakai dua kran untuk memenuhi satu ember. Pakai dua kran kan seharusnya lebih cepat daripada cuma pakai satu," imbuh Joko.

Penyediaan teknologi dual-carrier Indosat menggunakan pita frekuensi 2,1 Ghz yang memang dialokasikan untuk layanan 3G. Pita frekuensi selebar 10 Mhz di 2,1 Ghz dianggap bisa memberikan kemampuan akses data cepat ketika memakai teknologi dual-carrier demi memenuhi kebutuhan akses data pelanggan yang kian tinggi.

Modernisasi jaringan yang akan dilakukan oleh Indosat disebutkan akan memakai anggaran belanja perusahaan (Capex). Di tahun 2015, Indosat menyediakan anggaran capex sekitar Rp 7 triliun, jumlah ini menurun dari angka Rp 8 triliun yang disediakan Indosat pada capex tahun 2014.

"Sama seperti sebelumnya, Capex perusahaan masih sebagian besar untuk modernisasi jaringan di kota-kota yang sudah terprogram. Jumlah anggaran yang kita sediakan menurun karena kebutuhan modernisasi sudah gak sebesar di tahap awal," jelas Adrian Prasanto, Division Head Public Relations Indosat.

(brl/red)