Pedagang pasar Indonesia kini bisa nikmati internet gratis Indosat

Pedagang pasar Indonesia kini bisa nikmati internet gratis Indosat

Techno.id - Sebagai operator telekomunikasi perwakilan Indonesia untuk program internet.org milik Facebook, Indosat dilaporkan baru saja menandatangani Nota Kesepahaman Bersama (Memorandum of Understanding) dengan Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI).

Tujuan kerja sama ini cukup jelas, yakni memberikan kemudahan akses internet melalui layanan internet.org untuk seluruh pedagang pasar di Indonesia. Dengan begitu, para pedagang pasar nantinya dapat memperoleh kemudahan dalam mengakses berbagai informasi untuk memonitor harga komoditas.

CEO Indosat, Alexander Rusli mengaku bangga karena perusahaan yang dipimpinnya adalah bagian dari layanan internet gratis besutan Facebook tersebut. Ia pun berharap jika internet.org ini nantinya dapat bermanfaat bagi para pedagang pasar di Indonesia.

"Saya sangat bersyukur bahwa Indosat sebagai operator telekomunikasi dan perusahaan teknologi besar mengenali potensi nilai tambah dari keterkaitan ini. Hal ini akan benar-benar dapat memunculkan potensi ekonomi dari akar rumput," ujar Sandiaga sebagaimana dikutip dari Merdeka, Senin (05/10).

Di lain pihak, Board of Advisor APPSI Sandiaga Uno juga mengungkapkan kebanggaannya karena Indosat telah mendukung asosiasi yang dipimpinnya. Ia menganggap, kerja sama ini merupakan cara terbaik dalam memanfaatkan teknologi sebagai sarana pemberdayaan lebih dar 12 juta pedagang pasar tradisional.

"Saya sangat bersyukur bahwa Indosat sebagai operator telekomunikasi dan perusahaan teknologi besar mengenali potensi nilai tambah dari keterkaitan ini. Hal ini akan benar-benar dapat memunculkan potensi ekonomi dari akar rumput," ujarnya.

Hal senada pun juga diungkapkan oleh Ketua APPSI, Supriyatno. Ia meyakini, kerja sama dengan Indosat ini akan membantu APPSI dalam memberikan kemudahan akses internet bagi para pedagang di seluruh Indonesia.

"Kami sangat senang dengan kerja sama ini dan kami berharap kerja sama ini akan membantu upaya kami untuk terus berjuang meningkatkan daya saing dan kesejahteraan para pedagang pasar di Indonesia," ujar Supriyatno.

Sekadar informasi, internet.org sendiri adalah layanan internet gratis yang dipelopori oleh Facebook. Layanan ini, menurut Zuckerberg selaku pendiri Facebook, akan membuat dua per tiga populasi dunia yang belum terhubung dengan internet menjadi dapat terhubung dengan gratis.

Sedangkan di Tanah Air, Indosat adalah operator telekomunikasi perwakilan Indonesia pertama yang menyediakan akses internet mudah tanpa pulsa bagi masyarakat Indonesia. Saat ini, Indosat telah menghadirkan akses internet tanpa pulsa melalui internet.org baik untuk pelanggan prabayar IM3, Mentari, dan pelanggan pascabayar Matrix.

(brl/red)