Optimalkan teknologi komunikasi, Ericsson rangkul 3 operator raksasa

Optimalkan teknologi komunikasi, Ericsson rangkul 3 operator raksasa

Techno.id - Perusahaan solusi telekomunikasi Ericsson mengumumkan secara resmi jalinan kerjasama dengan tiga operator seluler besar di Indonesia, yakni Telkomsel, Indosat dan XL Axiata. Kerjasama yang dilakukan Ericsson dengan tiga operator tersebut bertujuan mengembangkan serta memperkuat jaringan 4G yang dimiliki tiap operator.

Tak hanya optimalisasi jaringan 4G, Ericsson juga mengaku melakukan pengembangan dan peningkatan performa kinerja jaringan 2G dan 3G. Peningkatan yang dilakukannya diharapkan dapat meningkatkan performa dan pengalaman dari pengguna masing-masing layanan operator tersebut.

"Lewat kerjasama ini Ericsson ingin membawa teknologi terbaik untuk dapat menghadirkan pengalaman terbaik bagi pelanggan, ungkap Thomas Jul, Presiden Direktur Ericsson Indonesia ketika dijumpai tim Techno.id pada acara media briefing di Plaza Senayan Jakarta.

Optimalkan teknologi komunikasi, Ericsson rangkul 3 operator raksasa

Ia mengungkapkan bahwa kerjasama strategis yang sudah dilakukannya tersebut sekaligus memperlihatkan posisi Ericsson sebagai dari penyedia teknologi LTE terdepan untuk saat ini. Setiap operator yang bekerjasama dengan Ericsson memiliki fokus pengembangan wilayah yang berbeda-beda.

Bersama Telkomsel perusahaan solusi telekomunikasi asal Swedia ini bergandengan tangan untuk mempersiapkan kehadiran layanan berbasis 4G LTE di pulau Kalimantan. Thomas pun memaparkan kemitraannya bersama Telkomsel ialah kelanjutan kerjasama yang sebelumnya telah dijalankan kedua perusahaan.

Indosat diklaim sudah bermitra dengan Ericsson selama tiga tahun demi mengoptimalkan layanan dan kinerja jaringannya. Pengembangan teknologi single radio access network (RAN) yang diklaim berhasil memberikan efisiensi energi dan mengefektifkan biaya operasional bagi Indosat yang telah lama jadi 'kawan baik' Ericsson.

Terakhir, kolaborasi yang dilakukan Ericsson dengan XL Axiata dilakukan untuk menggelar implementasi jaringan 4G LTE di daerah Jakarta dan Jawa Tengah. Keduanya juga menggelar persiapan menghadapi lonjakan lalu lintas data yang besar di Indonesia sebagai semakin berkembang.

(brl/red)