Masih rendah, Telkomsel belum layani frekuensi 4G di NTT

Masih rendah, Telkomsel belum layani frekuensi 4G di NTT

Techno.id - Pertumbuhan pengguna internet yang masih cukup rendah di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) membuat Telkomsel belum berani melayani frekuensi 4G di provinsi yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste tersebut.

"Di NTT belum terlayani frekuensi 4G karena tingkat pertumbuhan pengguna internet yang masih sangat rendah. Untuk wilayah Nusa Tenggara, baru Bali dan Nusa Tenggara Barat saja yang sudah terlayani frekuensi 4G," kata Pandu Maulana, Corporate Communications Telkomsel wilayah Nusra.

Seperti dilaporkan oleh Antara (9/11/15), hingga saat ini Telkomsel masih fokus memperkuat penggunaan frekuensi 3G. Pandu mengungkapkan, jika penggunaan jaringan internet di jaringan 3G sudah cukup tinggi maka implementasi frekuensi 4G baru bisa dilakukan di provinsi berbentuk kepulauan tersebut.

Sayangnya, Pandu belum bisa memastikan apakah frekuensi 4G ini akan mulai diberlakukan pada tahun 2016 mendatang atau tidak. Menurutnya, penerapan frekuensi akan sangat tergantung pada pertumbuhan pengguna internet Telkomsel di wilayah ini.

"Untuk wilayah NTT, kami belum bisa pastikan kapan sudah bisa terlayani frekuensi 4G karena sangat tergantung pada perkembangan pertumbuhan pengguna internet di daerah tersebut," pungkas Pandu.

(brl/red)