Layanan streaming dongkrak penggunaan 4G

Layanan streaming dongkrak penggunaan 4G

Techno.id - Kran bisnis layanan telekomunikasi berbasis teknologi 4G LTE (long term evolution) belum lama ini dibuka secara komersial. Kemampuan akses internet cepat itu diakui mendorong pertumbuhan akses ke video streaming oleh pelanggan seluler tanah air.

Diakui, sejak kehadiran layanan berbasis 4G trafik layanan video streaming tumbuh pesat sampai tiga kali lipat. Lalu lintas data dari pelanggan ke layanan streaming juga makin melesat sejak masuknya Netflix ke pasar Indonesia.

Lonjakan trafik secara signifikan diklaim juga dirasakan XL Axiata sejak layanan streaming film tersebut hadir hampir seminggu lalu. Penawaran akses tanpa biaya ke konten Netflix selama sebulan membuat semakin banyak orang ikut menjajalnya.

"Sejak Netflix hadir memang ada lonjakan trafik signifikan di jaringan kami, tapi saya belum update data terakhir. Layanan ini pasti banyak yang pakai karena aksesnya sangat mudah," ujar Riza Rachmadsyah, VP Brand Management XL Axiata di Xplor Senayan City, Jakarta.

Netflix telah resmi masuki pasar pengguna di Indonesia sejak 7 Januari 2016 yang diumumkan di ajang Consumer Electronis Show (CES) 2016 di Las Vegas, Amerika Serikat. Indonesia masuk dalam daftar dari 130 negara baru dari ekspansi bisnis perusahaan yang bermarkas di Los Gatos, California, Amerika Serikat tersebut.

D Indonesia, Netflix menawarkan beberapa paket sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Banderol yang ditawarkan Netflix untuk paket standar Rp 109 ribu, paket premium Rp 139 ribu, paket premium Rp 169 ribu tapi di bulan pertama sejak mendaftar semua penggunanya masih diberikan akses bebas biaya.

(brl/red)