Hari ini, XL resmi gelar komersialisasi 4G LTE di Lombok

Hari ini, XL resmi gelar komersialisasi 4G LTE di Lombok

Techno.id - Sama dengan operator telekomunikasi lainnya, hari ini PT XL Axiata Tbk juga resmi menggelar peluncuran layanan 4G LTE tahap dua di Lombok. Chief Service Management Officer XL Ongki Kurniawan mengungkapkan, dipilihnya Lombok sebagai kota pertama yang bisa mencicipi 4G LTE karena kota tersebut merupakan tujuan terbesar untuk wisata setelah Bali. Wilayah tersebut, menurut Ongki nantinya bakal menjadi 'key driver' untuk penyedia layanan komersial XL 4G LTE di seluruh Indonesia.

Selain itu, Ongki menjelaskan Lombok merupakan wilayah dengan jumlah pengguna XL terbesar di Indonesia. Maka tak berlebihan jika Lombok dipilih untuk menjadi kota pertama yang mencicipi jaringan 4G LTE yang dimilikinya.

"Saat ini XL telah memiliki 14 BTS 4G untuk meng-cover sejumlah area di ibu kota NTB, pusat kegiatan pemerintahan, bisnis, dan aktivitas warga, juga pusat-pusat keramaian, masuk dalam area tersebut. Beberapa diantaranya adalah pusat perbelanjaan Mataram Mall," jelas Ongki seperti dilaporkan oleh Antara (6/7/15).

Hari ini, XL resmi gelar komersialisasi 4G LTE di Lombok

Ongki Kurniawan, memberikan sambutan pada peluncuran 4G LTE di frekuensi 1800MHz di Lombok 2015 @XL123/Twitter.com

Lebih lanjut, Ongki mengatakan bahwa setelah Lombok, masyarakat di Bandung, Denpasar, Surabaya, dan Jakarta akan menyusul bisa mencicipi jaringan 4G LTE di tahun 2015 ini. Selain itu, kota-kota sebelumnya yang telah terlebih dahulu mencicipi layanan 4G LTE di frekuensi 900MHz juga akan bisa ikut menikmati layanan di 1800MHz, yakni Medan, Bogor, dan Yogyakarta. Total BTS 4G XL di seluruh area layanan mencapai lebih dari 200 unit.

Pihak XL mengklaim, pelanggan mereka dan masyarakat akan lebih mudah mengakses 4G LTE ketika menggunakan XL karena ekosistemnya lebih mudah dibangun, seperti ketersediaan smartphone dengan kemampuan akses 4G LTE berharga terjangkau. Hingga saat ini, beberapa merk yang telah bekerja sama dengan XL untuk menyediakan smartphone pendukung teknologi 4G LTE antara lain LG, Sony, Huawei, Sharp, Alcatel, dan Lenovo.

(brl/red)