Ekosistem XL siap sambut 4G secara luas

Ekosistem XL siap sambut 4G secara luas

Techno.id - Gong penyediaan layanan 4G LTE di frekuensi 1800 MHz secara komersial akan segera dipukul oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara. XL mengaku, pihaknya telah mempersiapkan segala jaringan yang diperlukan secara optimal guna memenuhi standar kelayakan operasi yang telah ditentukan oleh pemerintah RI.

Selain jaringan, XL pun juga memberikan kemudahan kepada pelanggan dalam mendapatkan smartphone 4G berkualitas dan terjangkau. Pihaknya pun berharap dengan berbagai persiapan yang telah dilakukan, kebutuhan masyarakat Indonesia akan layanan gaya hidup digital dapat terpenuhi.

"Kami sudah mempersiapkan segala sesuatu sejak jauh-jauh hari sehingga ketika nanti tanggal 6 Juli 2015 (peresmian layanan 4G LTE di frekuensi 1800 MHz oleh pemerintah), XL sudah siap melayani pelanggan. Bahkan, kami juga sudah selesai melakukan tender pembangunan infrastruktur 4G LTE di berbagai daerah," ujar Ongki Kurniawan, Director/Chief Service Management Officer XL.

Secara teknis, XL juga mengklaim telah mendesain sedemikian rupa atas infrastruktur jaringan 4G LTE agar mampu memberikan kualitas layanan yang memuaskan. Selain itu, hampir semua jaringan XL juga telah melalui proses modernisasi, sehingga siap untuk mengaplikasikan jaringan 4G.

Dengan adanya dukungan sumber daya spektrum 1800 MHz (hasil konsolidasi dengan XL-AXIS), XL juga mengklaim dapat memberikan layanan 4G di kecepatan maksimal. Pada spektrum ini, pelanggan dikatakan bakal dapat menikmati kecepatan hingga 100 Mbps.

"Hingga akhir tahun 2015 nanti, XL telah menyiapkan pengoperasian layanan 4G LTE di sejumlah daerah, baik di Jawa maupun pulau-pulau utama lainnya. Kota-kota yang sudah dipastikan akan segera mendapatkan layanan internet cepat secara komersil antara lain Lombok, Surabaya, Bandung, Bali dan Jakarta," imbuh Ongki.

Sekadar informasi bahwa sebelumnya, pelanggan di kota-kota tersebut sudah mendapatkan layanan 4G LTE uji coba secara terbatas. XL juga sebelumnya telah menghadirkan layanan 4G di jaringan 900 MHz di kota Medan, Bogor dan Yogyakarta.

(brl/red)