Didukung kombinasi spektrum, Smartfren 4G LTE siap melenggang

Didukung kombinasi spektrum, Smartfren 4G LTE siap melenggang

Techno.id - Sejak hadir bulan Juni lalu, Andromax 4G LTE garapan Smartfren menembus angka puluhan ribu pengguna. Seolah tak puas dengan hasil tersebut, Roberto Saputra selaku Direktur Smartfren Telecom mengatakan bahwa saat ini Andromax masih berada di masa awal dan akan terus hadir dengan seri terbaru.

"Kelebihan 4G itu tergantung spektrum. Kami memiliki pita paling lebar 40 MHz yang didukung dua kombinasi spektrum 850 MHz dan 2.300 MHz untuk coverage dan capacity. Kombinasi (spektrum) tersebut akan memberi ruang sehingga konektivitas (4G) dapat masuk," ujar Roberto memaparkan kelebihan produk teranyarnya.

"Kami memang bukan pertama yang melakukan launching 4G LTE, tapi kami memiliki jaringan yang luas. Kami juga sudah uji kesiapan melalui roadshow (4G) di beberapa kota seperti Batam, Denpasar, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Solo, Semarang, Bandung, Medan dan Palembang," paparnya.

Roberto pun menambahkan jika Smartfren saat ini masih terfokus membenahi jaringan teranyarnya ini di wilayah timur. Sedangkan untuk wilayah Jakarta, ia mengatakan jaringan 4G LTE akan siap dalam beberapa minggu ke depan.

"Jakarta belum dilaksanakan karena cenderung extend persiapan di timur. Jakarta juga memiliki banyak site, sehingga juga harus dilakukan drive test agar optimal. Dalam beberapa minggu ini, Jakarta siap untuk commercial launch," imbuhnya.

Di akhir tahun ini, Smartfren menargetkan aktivasi Andromax 4G LTE dapat mencapai hingga 1,5 juta aktivasi. Selain itu, Smartfren juga menargetkan bahwa minimal tahun depan jaringan 4G LTE miliknya setara dengan coverage CDMA yang ada sebanyak 6.000 BTS.

(brl/red)