CONNECT WITH US
Denny Mahardy |
 17 Maret 2016 17:12

Bantu pemerintah gelar Smart City, XL manfaatkan layanan digital

XL sudah bekerjasama dengan sejumlah pemerintah daerah dalam menerapkan XmartCity dan XmartVillage.

Bantu pemerintah gelar Smart City, XL manfaatkan layanan digital

Techno.id - Industri digital punya potensi besar untuk berkembang dan menyokong ekonomi negara. Berbagai langkah pun akhirnya dilakukan untuk mendorong pertumbuhan industri digital Indonesia, baik oleh pihak swasta maupun pemerintah.

Operator telekomunikasi, XL Axiata mengaku telah melakukan serangkaian langkah strategis demi mendukung perkembangan bisnis digital yang disediakannya. Program dengan melibatkan pemerintah daerah jadi andalan program XL untuk memanfaatkan platform digital secara lebih luas.

"Sekarang pemerintah sudah mencoba menerapkan smart city yang dijadikan salah satu cara untuk menerapkan digitalisasi. XL sudah bekerjasama dengan sejumlah pemerintah daerah dalam menerapkan XmartCity dan XmartVillage," kata Ongki Kurniawan, Direktur dan Chief Digital Services XL.

Pemerintah daerah yang digandeng XL telah tersebar di pulau Jawa dan luar pulau Jawa. Pemerintah Jogjakarta, Lombok, Madura dan Balikpapan sudah menyediakan platform digital yang digunakan untuk memberikan solusi atas permasalahan yang ada di daerah tersebut.

"Di Jogja kita sediakan platform untuk aplikasi ibu hamil tahu posyandu dan cari daerah ramah anak. Di Lombok kita sediakan aplikasi untuk pemesanan TPU yang bisa dipesan dan direservasi secara online karena hanya ada 2 TPU yang dimiliki pemerintah di sana, banyak lagi kerjasama yang sudah kita lakukan," jelas Ongki.

Ongki juga menambahkan XL juga telah memanfaatkan uang digital XL Tunai sebagai alat pembayaran layanan publik yang disediakan pemerintah. "XL Tunai sudah bisa digunakan untuk memperpanjang STNK 24 jam supaya masyarakat lebih mudah," imbuhnya.

WHAT TO READ NEXT ?