White noise, fitur tersembunyi di iPhone yang dapat membantu kamu tidur lebih nyenyak

White noise, fitur tersembunyi di iPhone yang dapat membantu kamu tidur lebih nyenyak

Techno.id - Menggunakan smartphone saat hendak tidur di malam hari merupakan kebiasaan yang buruk. Sebab cahaya biru yang dipancarkan smartphone dapat mengganggu, terutama jika kamu menatapnya saat hendak tidur.

Sebab mata kita tidak dapat secara efektif menyaring cahaya biru. Ketika dikonsumsi sebelum tidur, kecerahan dan intensitasnya dapat mengelabui ritme sirkadian kamu untuk berpikir bahwa sudah waktunya bangun.

Tetapi iPhone justru sebaliknya. Ada satu fitur yang malah dapat membantu kualitas tidur kamu. Smartphone ini bisa berubah menjadi mesin white noise.

Fitur ini menggabungkan semua frekuensi spektrum akustik pada intensitas yang sama. Dengan mesin white noise, iPhone dapat menciptakan suara yang menghalangi atau menutupi suara-suara lain agar tidak mengganggu tidur kamu. Contoh white noise adalah suara statis TV atau radio, kipas angin yang berputar, hujan yang deras, atau dengungan kipas AC.

Beberapa orang menganggap white noise sangat menenangkan dan memutarnya saat mereka bersantai di malam hari untuk membantu mereka tertidur. Jika ini kamu ingin mencoba white noise untuk pertama kalinya, iPhone kamu dapat meniru mesin white noise dengan memainkan suara yang menenangkan seperti hujan atau sungai. Untuk mengakses fitur ini begini caranya.

White noise, fitur tersembunyi di iPhone yang dapat membantu kamu tidur lebih nyenyak foto: pexels/cottonbro studio

1. Buka Pengaturan dan pilih Aksesibilitas.

2. Lalu klik Audio atau Visual.

3. Kemudian pilih Suara Latar Belakang dan nyalakan. Selesai!

4. Untuk menyesuaikan white noise, kamu dapat memilih suara seperti hujan, lautan, sungai, suara terang, suara gelap, dan suara seimbang. Kamu juga dapat memilih suara melalui unduhan file audio pada iPhone dan menyesuaikan intensitas volume.

5. Karena fitur ini dirancang untuk meminimalkan gangguan sehingga kamu dapat fokus dan beristirahat. Fitur ini akan terus memainkan white noise saat kamu mengunci layar ponsel. Tetapi jika lebih suka fitur ini berhenti ketika ponsel tidak digunakan, kamu dapat menyesuaikannya agar suara latar belakang berhenti diputar saat terkunci.

White noise, fitur tersembunyi di iPhone yang dapat membantu kamu tidur lebih nyenyak foto: pexels/cottonbro studio

6. Jika kamu ingin menggunakan fitur ini secara teratur, tidak perlu melalui proses panjang yang sama setiap kali. Sebagai gantinya, kamu dapat mengakses fitur suara latar belakang melalui Control Center.

7. Cukup usap ke atas dari bagian bawah layar dan kamu akan melihat tombol Pendengaran atau ikon yang terlihat seperti telinga. Ketika kamu mengetuknya, maka kamu dapat menyesuaikan volume dan jenis suara yang dimainkan. Kamu juga dapat mematikan dan menghidupkannya.

8. Kamu juga dapat mengatur pintasan untuk menggunakan fitur white noise ini dengan masuk ke Pengaturan, Aksesibilitas, Pintasan Aksesibilitas dan memilih Suara Latar Belakang. Setelah selesai melakukannya, klik tiga kali tombol Home dan white noise kamu akan dimulai.

Selama iPhone kamu menjalankan iOS 15, kamu dapat mencoba fitur ini kapan saja.

(brl/red)