WhatsApp vs Signal, persamaan dan perbedaan fitur yang ditawarkan kedua platform perpesanan ini   

WhatsApp vs Signal, persamaan dan perbedaan fitur yang ditawarkan kedua platform perpesanan ini   

Techno.id - WhatsApp dan Signal menempati peringkat di antara aplikasi perpesanan instan teratas untuk selular dan desktop. Dengan meningkatnya masalah privasi di WhatsApp, banyak yang mempertimbangkan untuk beralih ke Signal. Jadi, bagaimana perbandingan kedua aplikasi tersebut?

WhatsApp vs Signal, kesamaan fitur

WhatsApp vs Signal, persamaan dan perbedaan fitur yang ditawarkan kedua platform perpesanan ini foto: play.google.com

WhatsApp dan Signal berbagi serangkaian fitur serupa. Keduanya adalah aplikasi perpesanan gratis dengan enkripsi ujung ke ujung (end-to-end) dan dukungan lintas platform. Berikut ikhtisar singkat tentang fungsi utama yang ditawarkan kedua aplikasi.

1. Pesan yang hilang

2. Enkripsi ujung ke ujung

3. Media yang merusak diri sendiri

4. Kontrol pemberitahuan

5. Sinkronisasi lintas platform

6. Pembaruan status

7. Cadangan obrolan

Kedua aplikasi menggabungkan fitur keamanan bawaan untuk menyembunyikan alamat IP pengguna dan memverifikasi kontak baru menggunakan nomor keamanan unik. WhatsApp dan Signal juga sama-sama menampilkan pesan menghilang, yang merupakan opsi yang secara otomatis menghapus pesan setelah beberapa waktu berlalu.

Di WhatsApp, pengguna dapat memilih apakah ingin pesan mereka hilang setelah 24 jam, 7 hari, atau 90 hari. Signal memberi sedikit lebih banyak fleksibilitas, dan pengguna dapat memilih apakah ingin pesan mereka hilang setelah 30 detik, 5 menit, 1 jam, 8 jam, sehari, seminggu, atau sebulan. Pengguna juga dapat menonaktifkan opsi sepenuhnya atau membuat batas waktu khusus.

Dalam hal pemberitahuan push, pengguna WhatsApp memiliki opsi untuk mematikan pemberitahuan sepenuhnya atau menonaktifkan pratinjau pesan.

Sementara Signal membawa privasi notifikasi pengguna ke level berikutnya dan memungkinkan mereka untuk memilih apakah ingin notifikasi hanya menampilkan nama kontak, baik nama kontak maupun pesan, atau bukan nama kontak maupun pesan. Pengguna juga dapat menyembunyikan notifikasi sepenuhnya.

Dalam hal penggunaan multi-perangkat, pengguna dapat menggunakan WhatsApp pada hingga empat perangkat yang ditautkan sekaligus. Sementara di Signal, pengguna dapat menggunakan hingga lima perangkat tertaut sekaligus.

WhatsApp dan Signal keduanya tersedia di iOS, Android, Windows, dan Mac. Meskipun Signal tersedia untuk Linux, sayangnya tidak ada klien WhatsApp resmi untuk Linux sampai saat ini.

WhatsApp vs Signal, perbedaan

WhatsApp vs Signal, persamaan dan perbedaan fitur yang ditawarkan kedua platform perpesanan ini foto: play.google.com

Jadi, sekarang setelah kamu mengetahui persamaan kedua platform ini, bagaimana dengan perbedaannya? Perbedaan terbesar antara aplikasi adalah bagaimana kedua platform menangani pengumpulan data.

Keduanya juga menampilkan batas ukuran yang berbeda untuk obrolan grup dan panggilan, tetapi serupa dalam hal keramahan pengguna.

1. Keamanan dan privasi

Signal adalah platform perpesanan sumber terbuka dan gratis pertama yang menawarkan enkripsi ujung ke ujung, dan menggunakan protokol untuk obrolan satu-ke-satu dan obrolan grup.

Meskipun hal ini tidak selalu terjadi, WhatsApp juga menggunakan enkripsi ujung ke ujung. Tetapi aplikasi menangani metadata secara berbeda.

Setiap kali kamu mengirim pesan ke seseorang, maka kamu juga mengirimkan metadata, yang mencakup informasi seperti kapan pesan kamu dikirim dan siapa penerimanya. Kedua platform perpesanan menggunakan protokol enkripsi yang sama yang dikembangkan oleh Open Whisper Systems.

Meskipun enkripsi ujung ke ujung memastikan privasi pesan kamu, seperti yang dicatat MIT News, sistem ini tidak selalu melindungi metadata. Di sinilah perbedaan utama muncul antara WhatsApp dan Signal.

WhatsApp dapat membagikan informasi akun kamu dengan perusahaan induknya, Meta. Ini termasuk nomor telepon kamu, penggunaan aplikasi, informasi perangkat, alamat IP, dan lainnya. Ini menimbulkan risiko privasi.

Sebaliknya, Signal menggunakan fitur yang dapat melindungi metadata kamu, yang disebut Sealed Sender. Fitur ini menyembunyikan informasi tentang pengirim, bahkan dari platform itu sendiri.

Menurut Kebijakan Privasi Signal, aplikasi mengumpulkan beberapa informasi akun dan dapat mengakses kontak kamu jika kamu memilih fitur ini. Ini juga menggunakan layanan pihak ketiga untuk memverifikasi akun kamu dengan PIN satu kali.

Kebijakan privasi juga menyatakan bahwa Signal tidak menjual, menyewakan, atau memonetisasi data atau konten pribadi kamu dengan cara apa pun.

Sementara menurut kebijakan privasi WhatsApp, platform ini bekerja sama dengan Perusahaan Meta lain dan penyedia layanan pihak ketiga untuk meningkatkan layanannya. Perusahaan-perusahaan ini dapat mengakses informasi yang dikumpulkan WhatsApp tentang kamu. Layanan ini juga menggunakan cookie.

Menurut halaman App Store-nya, WhatsApp dapat mengumpulkan informasi berikut dan menautkannya ke identitas kamu, pembelian, info keuangan, lokasi, info kontak, kontak, konten pengguna, pengidentifikasi, data penggunaan, diagnostik, dan riwayat penelusuran.

Sebaliknya, cantuman App Store Signal mencatat bahwa platform ini mengumpulkan info kontak tetapi tidak menautkan data ini ke identitas kamu.

Secara keseluruhan, Signal menang dalam kategori privasi karena fitur privasinya dan kebijakan pengumpulan data yang jauh lebih konservatif dibanding WhatsApp.

2. Panggilan video dan suara

WhatsApp vs Signal, persamaan dan perbedaan fitur yang ditawarkan kedua platform perpesanan ini foto: play.google.com

Panggilan video dan suara di WhatsApp dan Signal dienkripsi ujung ke ujung, artinya tidak seorang pun, termasuk platform itu sendiri, yang dapat mendengarkan atau mencegat panggilan kamu.

Untuk memastikan bahwa seseorang tidak dapat melacak lokasi menggunakan alamat IP kamu, Signal dan WhatsApp menawarkan fitur keamanan (call relay) yang meneruskan panggilan kamu melalui server perusahaan untuk melindungi alamat IP kamu.

Kamu dapat memiliki hingga 32 peserta saat menggunakan panggilan video grup WhatsApp dan hingga 256 peserta dalam panggilan suara grup. Di sisi lain, kamu dapat melakukan panggilan video atau panggilan suara grup Signal dengan maksimal 40 peserta. WhatsApp juga meluncurkan kemampuan untuk memulai obrolan suara bergaya Discord, yang dapat diikuti hingga 32 peserta.

3. Popularitas

WhatsApp vs Signal, persamaan dan perbedaan fitur yang ditawarkan kedua platform perpesanan ini foto: play.google.com

Menurut Statista, WhatsApp memiliki sekitar 2 miliar pengguna aktif bulanan. Sementara itu, Business of Apps menunjukkan bahwa Signal memiliki sekitar 40 juta pengguna aktif pada tahun 2022. Ini berarti WhatsApp jauh lebih popular sebagai aplikasi perpesanan terbesar di dunia.

Namun, Signal bicara banyak tentang komitmen platform terhadap privasi dan keamanan penggunanya. Sayangnya, basis pengguna Signal yang lebih kecil berarti kemungkinan besar sebagian besar kontak kamu dan orang yang ingin kamu ajak mengobrol mungkin tidak menggunakan platform tersebut.

(brl/red)