WhatsApp versi Android dikabarkan bakal mengalami perubahan desain besar-besaran, jadi mirip versi iOS

WhatsApp versi Android dikabarkan bakal mengalami perubahan desain besar-besaran, jadi mirip versi iOS

Techno.id - WhatsApp dikabarkan sedang merancang antar muka baru untuk perangkat berbasis Android. Desain anyar antar muka tersebut dikabarkan akan memiliki kemiripan dengan antar muka WhatsApp versi iOS.

Dilansir dari wabetainfo, WhatsApp sedang memulai peluncuran pembaruan terbaru untuk versi Android. Pembaruan yang dirilis melalui Google Play Beta Program ini akan memiliki desain antar muka yang lebih baru.

Kolom navigasi yang berisi Chat, Communities, Status, dan Call akan berpindah posisinya ke bagian bawah layar. Saat ini, WhatsApp pada perangkat Android memiliki kolom navigasi yang terletak di bagian atas.

Kolom navigasi yang terletak di bawah akan menyediakan konsistensi di seluruh platform. Pembaruan antar muka ini akan memudahkan pengguna yang beralih dari Android ke iOS maupun sebaliknya. Terlebih karena adanya perbedaan antar muka di antara Android dengan iOS.

WhatsApp versi Android dikabarkan bakal mengalami perubahan desain besar-besaran, jadi mirip versi iOS (Foto: wabetainfo)

Selain itu, pengembangan kolom navigasi yang terletak di bagian bawah ini juga merupakan respons langsung WhatsApp terhadap permintaan pengguna untuk menyediakan sistem navigasi aplikasi yang lebih modern dan juga intuitif.

Pembaruan lain adalah pada aspek privasi. Melansir dari gadget360, WhatsApp juga dikabarkan akan memberikan fitur penguncian pada setiap chat. Pengguna Android akan dapat mengunci dan menyembunyikan chat tertentu dengan fingerprint ataupun menggunakan kode password. Selain itu, seluruh media seperti video atau foto yang terdapat pada chat yang terkunci juga tidak akan tersimpan di galeri pengguna.

WhatsApp belum memberikan konfirmasi secara langsung mengenai kabar pembaruan ini. Kendati demikian, cukup menarik melihat pembaruan terbaru dari WhatsApp ini. Terlebih lagi, pembaruan ini dapat dikatakan sebagai upgrade yang cukup berdampak pada penggunaan WhatsApp.

Magang : Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)