Ini iPhone termahal di dunia, dijual dengan harga lebih dari Rp 2,8 miliar

Ini iPhone termahal di dunia, dijual dengan harga lebih dari Rp 2,8 miliar

Techno.id - Baru-baru ini sebuah iPhone generasi pertama yang masih dalam kemasan aslinya dan tersegel, terjual dalam sebuah lelang dengan harga USD190.372 atau lebih dari Rp 2,8 miliar. Harga itu 100 kali lipat lebih tinggi dari harga asli ponsel tersebut saat pertama diluncurkan yang dibanderol USD499 atau sekitar Rp7,4 jutaan. Nggak heran jika smartphone ini dinobatkan sebagai iPhone termahal yang pernah dijual.

iPhone tersebut dijual LCG Auctions, sebuah perusahaan lelang yang mengkhususkan diri pada barang elektronik langka dan barang koleksi. Awalnya ponsel ini diperkirakan bakal terjual di kisaran harga USD50.000 hingga USD100.000. Namun tawaran terakhir yang masuk jauh lebih tinggi dari yang diharapkan.

Ini iPhone termahal di dunia, dijual dengan harga lebih dari Rp 2,8 miliar foto: lcg auctions

Lantas apa yang membuat iPhone termahal ini begitu istimewa? iPhone ini merupakan perangkat edisi pertama dalam kondisi baru dan belum pernah diaktifkan. Masih tersegel dalam kemasan aslinya, termasuk kotak, dokumen, dan aksesori asli.

iPhone ini adalah model 4GB yang merupakan varian langka yang dihentikan Apple hanya dua bulan setelah peluncuran karena penjualan yang buruk. Pembeli ponsel tersebut belum diungkapkan. Namun, kemungkinan ponsel itu dibeli seorang kolektor atau investor.

Ini iPhone termahal di dunia, dijual dengan harga lebih dari Rp 2,8 miliar foto: lcg auctions

Dalam laman resmi LCG Auctions disebutkan bahwa iPhone Apple asli model 4GB ini dirilis pada 29 Juni 2007. Perangkat ini merupakan salah satu penemuan paling penting yang pertama kali diperkenalkan oleh mendiang Steve Jobs pada 9 Januari 2007 di MacWorld San Francisco.

Lima bulan kemudian, iPhone tersebut dirilis dengan harga USD499. iPhone ini memiliki penyimpanan 4/8 GB, layar sentuh yang inovatif, kamera 2 megapiksel, dan peramban web. Kotak ikoniknya menampilkan gambar iPhone seukuran aslinya dengan 12 ikon di layar. Perangkat ini mengubah industri ponsel pintar untuk selamanya, karena itu dinobatkan sebagai Invention of the Year versi Majalah Time pada 2007.

(brl/red)