V2 Indonesia bakal gelar CIX Summit 2024, pameran teknologi imersif pertama di Indonesia

V2 Indonesia bakal gelar CIX Summit 2024, pameran teknologi imersif pertama di Indonesia

Techno.id - Pemanfaatan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) saat ini semakin masif. Di tingkat global, berdasarkan NextMSC, pasar AI global diproyeksikan meningkat hingga USD196,63 miliar pada tahun 2024, naik dari USD 142,32 miliar pada tahun 2022. Sementara Precedence Research memproyeksikan pertumbuhan pasar AI mencapai USD 1,85 triliun pada tahun 2030.

Sedangkan pemerintah Indonesia memperkirakan potensi ekonomi digital Indonesia pada 2025 akan mencapai USD146 miliar dan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara, antara lain dipicu kebangkitan teknologi imersif yang didorong beberapa faktor kunci.

Selain itu, saat ini terjadi lonjakan permintaan konsumen untuk pengalaman imersif, terutama dalam sektor permainan, hiburan, dan pendidikan, yang didorong ketersediaan perangkat VR dan AR yang semakin mudah diakses.

V2 Indonesia bakal gelar CIX Summit 2024, pameran teknologi imersif pertama di Indonesia foto: instagram@cixsummit

Indonesia juga memiliki infrastruktur teknologi yang kuat, termasuk penetrasi internet yang tinggi dan penggunaan smartphone yang luas, memberikan fondasi yang kokoh untuk kemajuan teknologi imersif. Faktor-faktor solid ini mendorong pasar teknologi imersif Indonesia ke depan.

Berbagai faktor tersebut yang membuat perusahaan teknologi digital V2 Indonesia berencana menggelar ajang Connecting Immersive Experience (CIX) Summit 2024. Pameran teknologi imersif pertama dan terbesar di Indonesia ini diklaim bakal mengubah batas-batas teknologi imersif. Acara ini akan digelar di Balai Sidang, Jakarta Convention Center mulai 22 hingga 24 Agustus 2024.

Founder dan CEO V2 Indonesia Rudi Hidayat dalam keterangan resminya menyebutkan CIX Summit bertujuan mendorong Indonesia ke garis terdepan inovasi teknologi. Ajang ini juga akan menyediakan platform bagi pemimpin industri, inovator, dan penggemar untuk berkumpul.

V2 Indonesia bakal gelar CIX Summit 2024, pameran teknologi imersif pertama di Indonesia foto: cixsummit2024

Di ajang ini misalnya akan ada ekshibisi cutting-edge yang menyelami teknologi XR, AR, dan VR paling mutakhir. Ada juga peluang untuk membangun jaringan agar pelaku teknologi dapat terhubung dengan profesional, investor, dan individu yang berbagi semangat untuk mendorong batasan inovasi teknologi.

Tentu saja ajang ini akan diisi sejumlah keynote yang menginspirasi agar pengunjung dapat memperoleh wawasan dari pemimpin pemikir dan visioner yang membentuk lanskap teknologi imersif. Mereka di antaranya Triari Senawirawan (MD Warner Music), Radityo Triatmojo (CEO ShopeePay), Andi S Boediman (Ideosource Entertainment), Harry K Nugraha (CD Intel Indonesia), Dharma Simorangkir (CEO Microsoft Indonesia), William Utomo (Founder & COO IDN Media), dan Nugroho (CEO Telkomsel).

(brl/red)