Ingin saingi Rec Room dan VRChat, Meta akhirnya luncurkan Horizon Worlds untuk smartphone

Ingin saingi Rec Room dan VRChat, Meta akhirnya luncurkan Horizon Worlds untuk smartphone

Techno.id - Meta akhirnya membuka versi beta Horizon Worlds untuk smartphone. Sebagai informasi, Horizon Worlds adalah platform metaverse milik Meta. Cara kerjanya mirip dengan Rec Room.

Dengan platform ini memungkinkan pengguna membuat game dan pengalaman sosial mereka sendiri di dalam VR dengan menggunakan pengontrol untuk menempatkan dan memanipulasi bentuk.

Pada awal 2022 lalu, Mark Zuckerberg sebagai bos Meta mengatakan Horizon akan diluncurkan di ponsel pintar pada akhir tahun itu. Namun rencana itu batal dilakukan.

Ingin saingi Rec Room dan VRChat, Meta akhirnya luncurkan Horizon Worlds untuk smartphone foto: uploadvr

Kini Meta memungkinkan pengguna mendaftar pada daftar tunggu untuk mencoba Horizon di ponsel. Seperti dilansir UploadVR, beberapa pengguna X dan Luna memposting rekaman setelah mereka memiliki akses di aplikasi Meta Quest di Pixel 6a. Pendaftaran Horizon di ponsel Android sudah tersedia melalui aplikasi Meta Quest. Menariknya, Meta Avatar di ponsel dalam rekaman Luna menunjukkan kaki yang berjalan sambil bergerak. Sementara pada versi VR tetap tidak memiliki kaki.

Bukan tanpa alasan Meta meluncurkan Horizon untuk versi smartphone. Sebab, pesaingnya, Rec Room dan VRChat hampir selalu berada di 5 besar aplikasi Quest terpopuler. Sementara Horizon Worlds hanya masuk dalam 25 besar.

Ingin saingi Rec Room dan VRChat, Meta akhirnya luncurkan Horizon Worlds untuk smartphone foto: meta

Karerna itu Meta berharap dengan meluncurkannya di ponsel dan web serta meningkatkan kualitas grafis akan cukup untuk membalikkan tren ini dan membawa gelombang pengguna baru. Skema input yang sangat berbeda antara VR dan smartphone berarti ini kemungkinan akan menjadi tantangan yang signifikan. Apalagi Rec Room dan VRChat juga sudah tersedia di smartphone.

(brl/red)