Pro kontra penggunaan VerifEye, aplikasi yang diklaim menggunakan AI untuk mendeteksi kebohongan

Pro kontra penggunaan VerifEye, aplikasi yang diklaim menggunakan AI untuk mendeteksi kebohongan

Techno.id - Bagaimana jika ada aplikasi di ponsel cerdas kamu yang dapat memverifikasi bahwa seseorang mengatakan yang sebenarnya kepada kamu atau sebaliknya? Ia berbohong.

Inilah tampaknya yang menjadi ide di balik aplikasi pendeteksi kebohongan AI yang disebut VerifEye. Aplikasi yang telah beredar selama setahun terakhir in merupakan buatan Converus. Aplikasi ini diklaim dapat mendeteksi kebohongan dengan akurasi hingga 80 persen.

Namun VerifEye baru-baru ini muncul di beberapa ancaman Reddit pada subreddit yang berfokus pada AI. Meskipun Converus tidak pernah secara eksplisit mengklaim AI mendukung aplikasi tersebut, sangat jelas bahwa ia menggunakan beberapa jenis AI untuk mendeteksi perilaku mata pengguna, yang menjadi fokus VerifEye, untuk menentukan apakah seseorang mengatakan yang sebenarnya atau tidak.

Pro kontra penggunaan VerifEye, aplikasi yang diklaim menggunakan AI untuk mendeteksi kebohongan foto: verifeye

Pendeteksi kebohongan AI mencari gerakan dan perilaku tak sadar di dalam mata pengguna untuk mencoba menentukan apakah ia jujur atau tidak. Converus tidak pernah secara eksplisit mengatakan perilaku seperti apa yang dicarinya. Namun, perilaku yang menjadi fokusnya dapat dideteksi hanya dengan mengarahkan kamera ponsel cerdas ke mata dan menggunakan aplikasi VerifEye.

Gagasan bahwa mata dapat mengetahui apakah sesorang berbohong bukanlah hal baru. Ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1970-an dalam beberapa hal, meskipun salah satu teori paling umum tentang gerakan mata sebenarnya dibantah pada tahun 2012.

Namun, mata dan perilakunya tetap menjadi indikator utama yang dapat kamu gunakan bersama indikator lainnya untuk mengetahui apakah seseorang berbohong. Tentu saja, klaim akurasi 80 persen tidak mungkin menjadi sesuatu yang dapat diterima di pengadilan. Aplikasi ini bahkan mungkin dianggap ilegal di beberapa tempat karena implikasi di baliknya.

(brl/red)