Cara mengatur obrolan RCS di ponsel Android, kini punya beragam fitur layaknya WhatsApp

Cara mengatur obrolan RCS di ponsel Android, kini punya beragam fitur layaknya WhatsApp

Techno.id - Dengan maraknya ponsel cerdas, aplikasi perpesanan mengalami transformasi besar-besaran, terutama dalam rentang 10 tahun terakhir. Beberapa tahun lalu, pesan teks SMS menjadi standard aplikasi perpesanan. Namun fiturnya sangat terbatas, misalnya pengguna tidak bisa memberikan balasan animasi. Jumlah karakter juga dibatasi.

Tak heran jika aplikasi perpesanan seperti WhatsApp, Signal, Telegram, atau iMessage di iPhone menjadi sangat popular. Selain tidak memiliki batasan teks, pengguna juga mendapatkan pengalaman yang jauh lebih interaktif dengan membalas pesan, memberi reaksi, laporan yang dilihat, dan banyak lagi. Wajar aplikasi perpesanan saat ini lebih banyak digunakan ketimbang SMS.

Salah satu aplikasi yang kekurangan fitur canggih adalah Google Messages, aplikasi perpesanan asli Andoird, yang hanya mendukung SMS. Belakangan akhirnya berubah, dan sekarang berfungsi dengan standar Rich Communication Services (RCS) yang jauh lebih baru dan lebih serbaguna. Hal inilah yang membuat iMessage semakin popular.

Sejak Google memutuskan mengadopsi RCS sebagai standar baru untuk pengiriman pesan, aplikasi ini memperkenalkan fitur-fitur baru yang jauh lebih baik ke aplikasi Google Messages yang dulu kuno.

RCS messaging adalah jawaban Android untuk aplikasi perpesanan. Google mengubah Google Messages menjadi perangkat lunak obrolan lengkap, dengan semua fitur seperti WhatsApp atau Telegram.

Dengan mengaktifkan fitur obrolan RCS, kamu dapat mengirim dan menerima pesan melalui jaringan, tanpa menyentuh jatah SMS yang disertakan dalam paket data. Terlebih lagi, aplikasi ini memungkinkan membalas utas pesan, bereaksi terhadap setiap teks, serta mengirim gambar dan video dengan kualitas yang jauh lebih baik.

Cara mengatur obrolan RCS di ponsel Android

Cara mengatur obrolan RCS di ponsel Android, kini punya beragam fitur layaknya WhatsApp foto: freepik/eyeem

Mengaktifkan RCS sangat mudah, dan kamu mungkin tidak menyadari bahwa telah menggunakannya selama ini. Fitur ini tersedia di aplikasi Google Messages asli, jadi untuk menggunakannya, kamu harus membuka aplikasi tersebut. Sesampai di sana, hanya ada beberapa langkah untuk mengaktifkan fitur obrolan.

1. Ketuk gambar profil kamu di pojok kanan atas.

2. Di menu yang muncul, ketuk pengaturan Pesan.

3. Di bagian paling atas daftar, kamu akan melihat opsi obrolan RCS. Ketuk.

4. Di sebelah Aktifkan obrolan RCS, ada sakelar. Pastikan kamu mengetuknya dan berada di posisi On. Kamu dapat memastikannya berfungsi dengan melihat bagian atas menu itu, di mana status obrolan RCS kamu akan ditampilkan. Kamu sekarang siap menggunakan perpesanan RCS di aplikasi pesan Google.

(brl/red)