Pertumbuhan data signifikan, operator wajib turun tangan

Pertumbuhan data signifikan, operator wajib turun tangan

Techno.id - Pelanggan 4G/LTE di dunia diprediksi akan tumbuh sebesar 16 kali lipat antara 2014 dan 2020. Detailnya, sebanyak 25% atau 1 dari 4 pengguna mobile akan menggunakan teknologi LTE. Indonesia sendiri berada di posisi keempat dengan penambahan pelanggan seluler baru sebanyak 4 juta per tahun dan termasuk sebagai lima negara teratas dalam pertumbuhan pelanggan secara global.

Hal tersebut memberikan tantangan sekaligus kesempatan bagi operator untuk meningkatkan kinerja jaringan serta mempertahankan loyalitas pelanggan. Thomas Jul, Presiden Direktur Ericsson Indonesia mengatakan, "Jika melihat tren pertumbuhan seluler dan penggunaan data yang tinggi di Indonesia, 4G/LTE dapat menjadi salah satu komponen penting bagi operator untuk menjawab pertumbuhan data yang sangat tinggi. Operator di Indonesia dapat menggunakan indikator kinerja baru melalui app coverage untuk memastikan mereka dapat memberikan kinerja yang terbaik untuk pelanggan."

Saat ini, keberadaan operator bukan hanya dihadapkan pada situasi menciptakan ketersediaan jaringan, kualitas suara, dan dropped-call rates. Operator juga dituntut untuk dapat diandalkan dalam menunjang aktivitas pengguna. Guna memfasilitasi hal tersebut, operator membutuhkan cara baru dalam menilai kinerja dan kualitas pengalaman pengguna, yaitu melalui app coverage.

App coverage hadir untuk memberikan solusi dari ketersediaan aplikasi yang terus berevolusi yang membutuhkan lebih banyak kapasitas jaringan. Perangkat ini bisa memberikan gambaran akan keberadaan probabilitas tinggi bagi kinerja jaringan untuk dapat menjalankan aplikasi tertentu.

Kini operator memiliki peran penting untuk meningkatkan jaringan mereka dengan data pertumbuhan pengguna yang akan mencapai tiga kali lipat antara tahun 2014 dan 2020 di kawasan Asia Tenggara. Kami percaya dengan terus meningkatkan kinerja jaringan dan data coverage maka pelanggan yang loyal akan memberikan pengaruh positif bagi pendapatan operator, imbuh Jul pada reporter Techno.id (16/06/15).

(brl/red)