Indosat luncurkan layanan kirim uang ala 'wesel pos'

Indosat luncurkan layanan kirim uang ala 'wesel pos'

Techno.id - Indosat kembali membuat gerakan di layanan uang digital yang dimilikinya. Perusahaan telekomunikasi tersebut memperkenalkan layanan Dompetku Pengiriman Uang yang disediakan melalui kerja sama dengan jaringan ritel Alfamart.

Indosat luncurkan layanan kirim uang ala 'wesel pos'

Berbeda dengan Indosat Dompetku yang berupa uang digital, Dompetku Pengiriman Uang merupakan layanan kirim uang yang menggunakan metode cash to cash. Jadi metodenya kurang lebih serupa dengan wesel pos pada PT Pos Indonesia, yakni pengguna mengirimkan uang tunai dan penerima menarik uang tunai.

Layanan baru ini disebutkan Alexander Rusli, Presiden Direktur dan CEO Indosat untuk memfasilitasi para pekerja yang jauh dari kampung halamannya. Indosat berharap, layanan barunya ini membuat masyarakat lebih aman, cepat dan mudah dalam mengirimkan uang untuk keluarga di kampung.

Untuk mengirim dan menerima uang, pengguna cukup mendatangi toko Alfamart terdekat dan mengisi formulir pengiriman atau penerimaan uang. Mereka nantinya juga akan diminati kartu identitas asli yang berlaku serta nomor telepon aktif untuk menerima notifikasi dari Indosat.

Uniknya, layanan pengiriman ini tak hanya dibatasi bagi pelanggan Indosat saja, melainkan semua operator juga dapat menggunakan layanan Dompetku Pengiriman Uang.

Pemilihan Alfamart sebagai mitra bagi Indosat tentu bukan tanpa alasan. Indosat menilai Alfamart memiliki jaringan hingga lebih dari 10 ribu toko yang tersebar di seluruh Indonesia, sehingga dapat menjangkau masyarakat Indonesia di seluruh wilayah.

"Jaringan Alfamart tersebar luas di berbagai daerah di Indonesia dan lokasinya dekat dengan masyarakat. Di tahap pertama, kami mengutamakan layanan ini hadir di 36 kota yang memiliki titik-titik tertinggi untuk pengiriman maupun penerimaan uang yang ada di pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi," terang Rusli.

Demi mengamankan uang yang dikirim melalui jalur Dompetku Pengiriman Uang, Indosat menggunakan kode pencairan rahasia yang hanya diketahui oleh pengirim dan penerima, serta notifikasi SMS yang diterima pengirim saat dana sudah dicairkan oleh penerima. Bahkan, pengirim dapat membatalkan kiriman dana bila diperlukan dengan syarat belum dicairkan oleh penerima.

Alfamart selaku rekan Indosat mengaku menyambut baik kerja sama ini. "Alfamart selalu berupaya memberikan nilai tambah dalam pelayanannya, termasuk menghadirkan layanan dari Indosat ini. Berbagai layanan yang kami hadirkan di toko tentunya bertujuan memberikan kemudahan dan kepuasan konsumen," jelas Hans Prawira selaku Presiden Direktur Alfamart di kawasan Kota Tua, Jakarta.

(brl/red)