Aplikasi ChatGPT bakal hadir di Android pekan depan, pra-registrasi sudah dibuka

Aplikasi ChatGPT bakal hadir di Android pekan depan, pra-registrasi sudah dibuka

Techno.id - Chatbot berbasis kecerdasan buatan (AI) terus menjadi perhatian publik. Sejumlah perusahaan teknologi pun berlomba-lomba menghadirkan teknologi ini. Namun dari sejumlah chatbot AI seperti Bard milik Google atau yang terbaru Llama 2 besutan Meta tampaknya belum memberikan dampak signifikan seperti ChatGPT.

Dua bulan setelah diluncurkan, chatbot OpenAI tersebut telah menarik 100 juta pengguna aktif. Jumlah tersebut tampaknya bakal bertambah, karena OpenAI mengumumkan bahwa aplikasi ChatGPT akan hadir di Android, pekan depan. Setidaknya itulah pengumuman yang disampaikan dalam akun Twitter OpenAI (@OpenAI).

Sebagaimana diketahyui, ChatGPT telah tersedia di web sejak November 2022. Pada Mei 2023, OpenAI meluncurkan aplikasi gratis di App Store. Kini ChatGPT akan segera hadir bagi pengguna Android.

Deskripsi dari Google Play mencatat bahwa aplikasi ini gratis. Aplikasi ChatGPTversi Android kurang lebih sama dengan aplikasi iOS. Para pengguna juga dapat menyinkronkan percakapan dan preferensi di seluruh perangkat. Namun dari tangkapan layar di Google Play, ChatGPT versiAndroid terlihat sedikit berbeda dari App Store.

Aplikasi ChatGPT bakal hadir di Android pekan depan, pra-registrasi sudah dibuka foto: tangkapan layar google play store

Peluncuran ChatGPT versi Android kemungkinan besar akan terlebih dahulu dilakukan untuk pengguna di Amerika Serikat kemudian menyusul ke negara-negara lain.

Sebelum itu, OpenAI juga telah memperkenalkan fitur instruksi khusus baru untuk ChatGPT, yang memungkinkan pengguna berbagi apa pun dengan chatbot kecerdasan buatan ini untuk percakapan di masa depan. Instruksi khusus saat ini tersedia dalam versi Beta untuk pengguna Plus. Rencananya akan segera diluncurkan ke semua pengguna.

Aplikasi ChatGPT bakal hadir di Android pekan depan, pra-registrasi sudah dibuka foto: unsplash/rolf van root

Sepertinya, aplikasi Android akan berfungsi sama dengan aplikasi iOS. Namun pengguna akan mengetahuinya setelah diluncurkan. Nah jika pengguna ingin memastikan bahwa aplikasi ChatGPT diunduh di ponsel mereka segera setelah tersedia, mereka dapat melakukan pra-pendaftaran untuk aplikasi ini di Google Play. Nanti pengguna akan mendapatkan notifikasi setelah aplikasi diluncurkan.

(brl/red)