Orange Pi siapkan handheld gaming PC, bakal jadi pesaing Steamdeck dan ROG Ally

Orange Pi siapkan handheld gaming PC, bakal jadi pesaing Steamdeck dan ROG Ally

Techno.id - Pasar gaming handheld belakangan semakin ramai. Terlebih setelah Valve meluncurkan Steamdeck. Kini beberapa pabrikan lain juga mengembangkan konsol gaming handheld. Sebut saja ASUS dengan ROG Ally dan AYA NEO dengan AYANEO 2S. Persaingan konsol gaming kini makin ramai dengan hadirnya Orange Pi.

Dilansir dari retrododo, Orange Pi yang dikenal sebagai produsen Single Board Computer (SBC) kini juga mulai latah untuk bermain di pasar konsol gaming. Buktinya, perusahaan asal Tiongkok ini sedang menyiapkan konsol gaming handheld mereka. Dilansir dari retrododo, konsol gaming handheld Orang Pi kabarnya akan menggunakan APU (Accelerated Processing Unit) lansiran AMD 7840U sebagai dapur pacunya.

Secara spesifikasi, APU dengan TDP 15-30W ini memiliki 8 core dan 16 threads serta memiliki kecepatan hingga 5.1GHz. Secara performa APU ini cukup menjanjikan. Menurut theverge, chipset ini memiliki performa yang mampu bersaing dan bahkan melampaui processor seperti Intel i7-1360P dan Apple M2.

AMD Ryzen 7840U juga memiliki integrated graphical unit (iGPU) di dalamnya. GPU yang digunakan dalam APU ini adalah AMD Radeon 780M. Secara spesifikasi, iGPU ini memiliki 12 graphic core serta memiliki kecepatan 2700MHz. GPU ini akan mentenagai layar berukuran 7 inch. Untuk resolusinya, belum terdapat informasi lebih lanjut mengenai hal tersebut.

Orange Pi siapkan handheld gaming PC, bakal jadi pesaing Steamdeck dan ROG Ally foto: orangepi.org

Orange Pi mengkombinasikan AMD Ryzen 7840U dengan RAM LPDDR5 berkapasitas 16GB. Dari segi penyimpanan internal, konsol gaming handheld buatan Orange Pi ini menggunakan penyimpanan internal SSD berkapasitas 512GB. Sayangnya belum ada informasi mengenai konfigurasi ataupun varian memori dari konsol gaming handheld Orange Pi ini.

Selain menggunakan AMD Ryzen 7 7840U sebagai APU nya, konsol gaming handheld dari Orange Pi ini dikabarkan akan tersedia dalam varian APU lain. Kedua varian tersebut juga memiliki harga yang lebih murah. Melansir dari rertrododo, konsol gaming handheld ini akan memiliki varian dengan AMD Ryzen 7 6800U serta Rockchip RK3588S.

Ketiga varian tersebut memiliki performa yang cukup baik. Hal yang menarik adalah pada varian yang menggunakan Rockchip. Varian dengan Rockchip RK3588 memungkinkan konsol gaming handheld ini menjalankan dua sistem operasi yaitu linux dan juga Android.

Secara spesifikasi, konsol gaming handheld ini memiliki kemiripan dengan Ayaneo 2S, AOKZOE A1, dan ASUS ROG Ally terutama pada konfigurasi APU dan memori. Dikabarkan notebookcheck, konsol ini bakal rilis pada Oktober mendatang. Selain itu, belum terdapat informasi apakah konsol ini hanya akan dipasarkan di China saja ataupun secara Global. Maka dari itu, tunggu saja.

(brl/red)