AMD Ryzen Z1 Series, diklaim sebagai prosesor terbaik untuk konsol gaming handheld

AMD Ryzen Z1 Series, diklaim sebagai prosesor terbaik untuk konsol gaming handheld

Techno.id - Dalam beberapa tahun terakhir, AMD menarik banyak perhatian karena performa AMD Ryzen. Performa AMD Ryzen sering kali jauh lebih unggul dari CPU yang diproduksi Intel. Terlebih, performa tersebut dapat didapatkan dengan harga yang lebih murah.

Belum lama ini, AMD merilis prosesor terbaru seri Z1 yang terdiri dari AMD Ryzen Z1 dan AMD Ryzen Z1 extreme. Dua Prosesor tersebut secara spesifik digunakan digunakan pada handheld gaming PC.

AMD Ryzen Z1 Series, diklaim sebagai prosesor terbaik untuk konsol gaming handheld foto: amd.com

Dilansir dari laman resmi AMD, prosesor ini memberikan performa tinggi pada handheld gaming PC berbasis sistem operasi Windows. Menurut AMD, prosesor ini akan memberikan pengalaman bermain game yang cepat serta penggunaan yang lama karena konsumsi daya yang kecil. AMD juga mengklaim bahwa prosesor ini juga dapat memproses gambar dengan baik.

Secara spesifikasi, AMD Ryzen Z1 dan Z1 Extreme memiliki spesifikasi yang menarik untuk sebuah prosesor yang digunakan pada handheld gaming PC. Dari segi CPU (central processing unit), AMD Ryzen Z1 memiliki 6 cores dan 12 threads. Sedangkan untuk AMD Ryzen Z1 Extreme memilki 8 cores dan 16 threads. Kedua prosesor tersebut menggunakan arsitektur terbaru AMD yaitu Zen4.

AMD Ryzen Z1 Series, diklaim sebagai prosesor terbaik untuk konsol gaming handheld foto: amd.com

Dari segi iGPU (integrated graphical processing unit), terdapat perbedaan yang cukup terlihat antara AMD Ryzen Z1 dan AMD Ryzen Z1 Extreme. Kedua prosesor tersebut menggunakan GPU dengan arsitektur RDNA 3.

Perbedaan dari kedua prosesor ini adalah pada jumlah core pada kartu grafisnya. AMD Ryzen Z1 memiliki 4 compute unit RDNA 3, sedangkan AMD Ryzen Z1 Extreme memiliki 12 compute unit RDNA 3.

Lantas bagaimana dengan performa prosesor terbaru dari AMD ini? Dilansir dari theverge, AMD Ryzen Z1 Extreme dengan mudah mencapai rata-rata lebih dari 60fps di game-game populer seperti GTA V dan Red Dead Redemption 2 pada resolusi HD (1280 x 720) dan kualitas grafis rendah.

AMD Ryzen Z1 Series, diklaim sebagai prosesor terbaik untuk konsol gaming handheld foto: amd.com

Terdapat perbedaan performa yang cukup terlihat antara AMD Ryzen Z1 dengan Z1 Extreme terutama pada game-game tertentu. Menurut theverge, angka tersebut tidaklah buruk.

AMD Ryzen Z1 dan AMD Ryzen Z1 Extreme mungkin akan menjadi prosesor terbaik pada handheld gaming PC. Dilansir dari makeuseof, prosesor tersebut memiliki perfoma yang tinggi dan memang dirancang untuk digunakan pada handheld gaming PC. AMD juga telah menjadi bagian utama dari hampir seluruh handheld gaming PC yang dijual di pasaran.

Magang : Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)