Google rilis Gemini, model AI terbaru sebagai penantang Chat GPT  

Google rilis Gemini, model AI terbaru sebagai penantang Chat GPT  

Techno.id - Google merilis Gemini, model AI terbaru ke publik. Google mengklaim versi ini sebagai model AI yang paling mumpuni. Baik untuk gambar, audio, atau video. Bahkan, Google mengatakan Gemini mampu menangani semuanya.

Ada tiga jenis Gemini AI yang berbeda yakni UItra, Pro, dan Nano. Google menjelaskan bahwa Ultra adalah yang terbaik untuk tugas-tugas yang kompleks. Sementara Pro lebih baik untuk berbagai tugas, dan Nano adalah yang paling efisien untuk tugas-tugas di perangkat. Bahkan Google mengklaim Gemini Pro mengungguli GPT-3.5.

Jika ingin mencoba Gemini AI, pengguna dapat melakukannya melalui Google Bard, alat AI berbasis obrolan Google. Bard telah ditingkatkan untuk menggunakan versi khusus dari Gemini Pro AI yang dirancang untuk penalaran, perencanaan, dan pemahaman yang lebih canggih.

Untuk saat ini, pengguna akan dibatasi hanya pada pertanyaan dan jawaban berbasis teks, sehingga tidak dapat memanfaatkan semua yang ditawarkan alat AI ini. Namun, penantian ini tidak akan terlalu lama karena Google berencana untuk meluncurkan Gemini ke versi Bard yang lebih canggih pada tahun 2024.

Lebih khusus lagi, ini akan menjadi Gemini Ultra AI dan akan melalui model Bard Advanced. Versi ini akan memungkinkan pengguna memanfaatkan tugas-tugas yang lebih kompleks yang menurut Google mampu dilakukan AI ini, seperti bekerja dengan gambar, audio, video, dan pengkodean.

Cara menggunakan Google Gemini AI dengan Bard

Google rilis Gemini, model AI terbaru sebagai penantang Chat GPT foto: freepik

Google Bard mudah dipahami dan digunakan. Satu-satunya hal yang harus pengguna lakukan adalah membuka situs web Google Bard dan mulai mengetikkan perintah. Pengguna bisa menanyakan apa pun yang dipikirkan. Alat AI ini akan melakukan yang terbaik untuk memberikan jawaban yang akurat kepada pengguna.

Namun, ini bukanlah sistem yang sempurna. Pengguna harus memeriksa ulang jika ada ketidakakuratan. Jika pengguna memiliki Google Pixel 8 Pro, mereka bisa menggunakan Gemini Nano AI di aplikasi WhatsApp dan Perekam. Google mengatakan bahwa fitur ini nantinya akan diluncurkan ke lebih banyak aplikasi dari waktu ke waktu.

Pembaruan besar akan dilakukan pada 2024 ketika Gemini Ultra diluncurkan melalui Bard Advanced. Kabarnya Google meluncurkan Gemini AI karena ingin mengambil hati orang-orang yang saat ini menggunakan Chat-GPT.

(brl/red)