Aplikasi Seeing AI besutan Microsoft kini hadir di Android

Aplikasi Seeing AI besutan Microsoft kini hadir di Android

Techno.id - Beberapa tahun lalu, Microsoft merilis aplikasi yang berguna untuk membantu para tunanetra dan orang dengan gangguan penglihatan untuk memahami apa yang terjadi di dunia sekitar mereka. Namun, saat itu aplikasi Seeing AI hanya diluncurkan di iPhone.

Dengan semangat yang tak terbendung atas pemanfaatan AI, kini Microsoft telah memperbarui aplikasi ini dan merilis untuk versi Android. Tentu saja, aplikasi ini telah mendapatkan beberapa komponen AI generatif dalam versi baru.

Pada intinya, Seeing AI adalah aplikasi narasi. Pengguna cukup membukanya, memilih mode, dan aplikasi ini akan memberi tahu pengguna apa yang dilihatnya. Kemampuan ini paling mengesankan dalam mode teks pendek.

Aplikasi Seeing AI besutan Microsoft kini hadir di Android foto: microsoft

Potongan teks apa pun dalam jendela bidik kamera akan dibacakan dengan lantang dengan pengaturan ini. Hal ini dapat membantu orang menemukan rambu-rambu, membaca label produk, dan banyak lagi.

Video di bawah ini, dari rilis asli aplikasi ini, menunjukkan betapa cepatnya opsi teks pendek dapat mengenali kata-kata-bahkan dapat berfungsi sewaktu pengguna mengendarai mobil.

Aplikasi ini juga menyertakan mode yang mengenali dan mengidentifikasi denominasi mata uang, barcode, warna, dan bahkan wajah. Secara default, aplikasi ini hanya dapat memberi tahu pengguna berapa banyak wajah yang terlihat, seberapa jauh, dan bagaimana ekspresinya. Namun, pengguna bisa mengajarkannya siapa saja temannya sehingga aplikasi ini dapat mengenali mereka berdasarkan nama di masa mendatang.

Ada juga mode pemindaian dokumen, yang memungkinkan pengguna untuk membaca dengan teliti sebuah halaman dan melihat apa yang tertulis di dalamnya. Fitur ini sudah ada di aplikasi, tetapi AI generatif telah dijalin untuk memungkinkan aplikasi menjawab pertanyaan tentang dokumen.

Aplikasi Seeing AI besutan Microsoft kini hadir di Android foto: microsoft

Penambahan generatif berlanjut dengan mode pemandangan, yang akan menjelaskan apa pun yang muncul di jendela bidik kamera. Bahkan ada tombol info lebih lanjut yang akan memperluas deskripsi pemandangan. Mode ini secara mencolok dicantumkan sebagai pratinjau, seperti alat bantu AI generatif lainnya, alat bantu ini bisa saja berhalusinasi dan salah menggambarkan substansi pemandangan. Namun dari hasil pengujian, tampaknya aplikasi ini cukup akurat.

Seeing AI kini tersedia gratis di Play Store dan masih ada di Apple App Store. Aplikasi gratis ini tersedia dalam 18 bahasa dan Microsoft berencana untuk menggandakan jumlah tersebut tahun depan.

(brl/red)