5 Jenis layar pada smartphone yang perlu diketahui

5 Jenis layar pada smartphone yang perlu diketahui

Techno.id - Smartphone telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita, dan salah satu elemen kunci dari pengalaman pengguna adalah layarnya. Layar smartphone saat ini hadir dalam berbagai jenis dan teknologi yang berbeda. Untuk memahami jenis-jenis layar smartphone yang ada dan bagaimana komponen ini memengaruhi pengalaman pengguna, Techno.id akan menjelaskan 5 jenis layar yang perlu kamu ketahui, Senin (30/10).

1. LCD (Liquid Crystal Display)

5 Jenis layar pada smartphone yang perlu diketahui foto : freepik/vecstock

Layar LCD adalah jenis layar yang paling umum digunakan pada smartphone. Layar ini terdiri dari cairan kristal yang diatur untuk mengontrol cahaya dari belakang layar. Walaupun layar LCD bisa memberikan kualitas gambar yang baik, namun penggunaannya lebih boros daya baterai dibanding teknologi layar lainnya.

2. OLED (Organic Light Emitting Diode)

5 Jenis layar pada smartphone yang perlu diketahui foto : freepik/vecstock

OLED adalah jenis layar yang semakin popular penggunaannya pada smartphone. Layar OLED menghasilkan warna yang lebih hidup dan hitam yang lebih dalam karena setiap piksel dapat menyala dan mati secara independen. Selain itu, OLED lebih hemat daya karena tidak memerlukan penerangan latar belakang seperti layar LCD.

3. AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode)

5 Jenis layar pada smartphone yang perlu diketahui foto : freepik/studiogstock

AMOLED adalah salah satu jenis OLED yang sering digunakan pada smartphone. Layar AMOLED memiliki waktu respons yang lebih cepat dan kualitas warna yang lebih baik dibanding OLED konvensional. Tak heran jika layer ini menjadi pilihan popular untuk smartphone premium.

4. Super AMOLED

5 Jenis layar pada smartphone yang perlu diketahui foto : freepik/vecstock

Super AMOLED adalah versi yang lebih canggih dari layar AMOLED. Dikembangkan Samsung, layar ini menggabungkan lapisan layar sentuh dengan panel OLED, sehingga menghasilkan layar yang lebih tipis dan lebih hemat daya. Layar Super AMOLED sering digunakan dalam smartphone flagship Samsung.

5. IPS (In-Plane Switching)

5 Jenis layar pada smartphone yang perlu diketahui foto : freepik/stockgiu

Layar IPS adalah jenis layar LCD yang cenderung memberikan sudut pandang lebih baik dan warna yang lebih akurat dibanding LCD konvensional. Layar ini menjadi pilihan yang baik untuk pengguna yang menginginkan kualitas tampilan yang lebih baik.

Pemilihan jenis layar yang sesuai untuk smartphone sangat bergantung pada preferensi dan kebutuhan. Layar OLED dan varian-varian terkaitnya sering menjadi pilihan unggul untuk smartphone premium karena kualitas gambar dan efisiensi daya yang lebih baik. Namun, layar LCD seperti IPS masih dapat memberikan pengalaman yang sangat baik pada smartphone dengan anggaran terbatas. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang jenis-jenis layar, kamu dapat membuat keputusan yang lebih cerdas saat membeli smartphone.

(magang/rama prameswara)

(brl/red)