Mengenal Raspberry Pi, komputer mini seukuran kartu ATM

Mengenal Raspberry Pi, komputer mini seukuran kartu ATM

Techno.id - Komputer mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu. Dalam beberapa dekade terakhir komputer menjadi semakin cepat dan semakin efisien. Selain itu, ukuran komputer juga menjadi semakin lebih kecil.

Semakin kecilnya ukuran komputer dipengaruhi oleh beberapa hal. Salah satu penyebab menyusutnya ukuran komputer adalah karena ukuran komponen yang menjadi lebih kecil. Dilansir dari scienceabc, mengecilnya ukuran komputer dipengaruhi oleh teknologi transistor yang semakin kecil, Integrated Circuit (IC) yang semakin efisien, dan juga efek dari hukum Moore. Perkembangan tersebut menyebabkan komputer yang tadinya harus terdiri dari berbagai modul menjadi hanya satu modul yang disebut Single Board Computer.

Seperti namanya, Single Board Computer (SBC) adalah komputer yang hanya terdiri dari satu papan saja. Papan yang dimaksud dalam hal ini adalah papan sirkuit. Dilansir dari baesystem, SBC merupakan sebuah komputer utuh yang memiliki mikroprosesor, fungsi input atau output, memori, dan fungsi lainnya dalam satu papan sirkuit saja. Dilansir dari techopedia, SBC memiliki beberapa keuntungan seperti ukuran yang kecil, bobot yang ringan, dan juga lebih efisien.



(brl/guf)