Mengenal Raspberry Pi, komputer mini seukuran kartu ATM

Mengenal Raspberry Pi, komputer mini seukuran kartu ATM

Mengenal Raspberry Pi, komputer mini seukuran kartu ATM

Ukuran dari SBC pun bervariasi mulai dari yang sebesar buku sampai yang sebesar kartu ATM saja. Terdapat beberapa manufaktur yang memproduksi Single Board Computer. Salah satu yang paling populer adalah Raspberry Pi.

Raspberry Pi adalah seri Single Board Computer yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Raspberry Pi Foundation. Raspberry Pi Foundation sendiri sebuah lembaga amal yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam
hal komputer.

Dilansir dari laman resmi Raspberry Pi, tujuan dan motivasi dari proyek ini adalah untuk mendemokratiskan teknologi dengan menyediakan alat. Raspberry Pi melakukan hal tersebut dengan memberikan harga yang rendah. Harapannya adalah membuka kesempatan bagi setiap orang untuk melakukan proyek yang menggunakan komputer yang sayangnya, berharga mahal.

Raspberry Pi pertama kali merilis komputer mereka pada tahun 2012. Kala itu, Raspberry Pi merilis Raspberry Pi 1 Model B. SBC tersebut memiliki spesifikasi CPU single-core 700MHz CPU dan RAM berkapasitas 256MB. Sejak saat itu, Raspberry Pi terus meluncurkan produk-produk mereka. Adapun produk terakhir yang diluncurkan oleh Raspberry Pi adalah Raspberry Pi 400 yang dirilis pada 2021 lalu.

Raspberry Pi sangat populer digunakan oleh banyak pihak. Dilansir dari opensource, Raspberry digunakan oleh banyak orang diseluruh dunia untuk belajar programming dan lain sebagainya. Raspberry juga sering menghadirkan proyek-proyek inovatif. Proyek-proyek tersebut bervariasi dari yang sederhana seperti membuat sistem smarthome atau membuat server.

Mengenal Raspberry Pi, komputer mini seukuran kartu ATM

foto: jeffgeerling.com

Raspberry juga digunakan pada proyek yang lebih rumit seperti cluster computing dan edge computing. Selain itu, Raspberry juga sering menjadi basis dari produk lain. Produk tersebut seperti PiKVM yang digunakan untuk melakukan remote control pada PC atau server.

magang: Nabiel Mumtaz

(brl/guf)