Mengenal Perplexity AI, alat penelusuran Google bertenaga AI yang bisa digunakan untuk membuat konten

Mengenal Perplexity AI, alat penelusuran Google bertenaga AI yang bisa digunakan untuk membuat konten

Techno.id - Baru-baru ini Perplexity AI telah menarik perhatian para pemimpin teknologi dan pengguna. Dari Jeff Bezos hingga CEO Nvidia Jensen Huang, menegaskan Perplexity AI cocok dengan aplikasi yang dapat mengubah cara mencari di mesin telusur.

Perplexity AI adalah mesin pencari percakapan yang menggunakan teks bahasa alami untuk menjawab pertanyaan. Didirikan pada tahun 2022 oleh kuartet mantan peneliti AI dari OpenAI dan Meta, Aravind Srinivas, Andy Konwiski, Denis Yarat, dan Johnny Ho.

Tidak seperti mesin telusur tradisional yang mengandalkan pencocokan kata kunci dan analisis tautan, Perplexity AI memahami konteks dan maksud di balik kueri pengguna. Alat ini tidak hanya menyediakan daftar tautan tetapi juga jawaban komprehensif dengan tautan ke sumber yang dikutip.

Aplikasi Perplexity adalah perpaduan fitur terbaik dari ChatGPT dan Google. Ini fitur antarmuka obrolan yang mirip dengan ChatGPT dan bagian terkait yang mirip dengan Google People.

Cara menggunakan Perplexity AI

Mengenal Perplexity AI, alat penelusuran Google bertenaga AI yang bisa digunakan untuk membuat konten foto: perplexity

Perplexity intuitif dan mudah digunakan.Tersedia sebagai aplikasi seluler dan versi web. Kamu dapat menjelajahi aplikasi, mengajukan beberapa pertanyaan, dan melihat cara kerjanya tanpa mendaftar. Namun, jika melihat kamu menggunakan aplikasi setelah pengujian, disarankan mendaftar. Dengan begitu, kamu dapat menyimpan riwayat pencarian sehingga selalu dapat merujuknya.

Kamu dapat menggunakan Perplexity untuk berbagai tujuan, termasuk penelitian, pengembangan profesional, dan pembuatan konten. Perplexity AI juga cocok untuk menjawab pertanyaan acak yang muncul.

Perplexity AI gratis untuk digunakan. Namun, kamu dapat meningkatkan ke paket Pro seharga USD20 atau sekitar Rp321 ribu per bulan untuk akses ke fitur tambahan, seperti akses tak terbatas ke model AI yang lebih kuat seperti OpenAI GPT-4, Anthropics Claude 3 Opus and Sonnet, serta Mistral Large, plus dukungan untuk gambar dan file yang lebih baik.

Bisakah Perplexity AI menggantikan Google?

Mengenal Perplexity AI, alat penelusuran Google bertenaga AI yang bisa digunakan untuk membuat konten foto: perplexity

Meskipun Perplexity AI menawarkan proposisi nilai yang unik, AI tidak diposisikan untuk menggantikan Google sepenuhnya. Infrastruktur data Google yang luas dan basis pengguna yang mapan memberikan keuntungan di banyak bidang. Perplexity unggul dalam memberikan ikhtisar AI tentang kueri pengguna.

Namun, ini tidak efektif untuk beberapa kegunaan lain yang telah diketahui Google, seperti prakiraan cuaca dan kueri sensitif geografis. Perlu dicatat bahwa Google telah menguji Search Generative Experience (SGE), fitur pencarian berbantuan AI.

SGE menyediakan ikhtisar AI dari kueri penelusuran yang mirip dengan Perplexity AI. Namun Perplexity AI saat ini melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam menjawab pertanyaan secara menyeluruh dan juga menyediakan kutipan dalam teks untuk referensi silang.

Keberhasilan Perplexity AI akan sangat bergantung pada bagaimana alat ini mengintegrasikan kemampuan tambahan dan menanggapi umpan balik pengguna. Apakah itu akan bertahan dengan Google masih harus dilihat, tetapi satu hal yang jelas, Perplexity AI adalah alat yang layak untuk digunakan.

(brl/red)