Mengenal Internet of Things (IoT), dari otomatisasi mobil sampai rumah pintar

Mengenal Internet of Things (IoT), dari otomatisasi mobil sampai rumah pintar

Rumah pintar dan kesehatan

Sama halnya di bidang rumah pintar, teknologi telah IoT juga telah berhasil mengotomatisasi sistem rumah. Seperti memati-hidupkan lampu rumah, mengatur suhu ruangan, dan memantau keamanan sesuai dengan kemauan pengguna.

Pemilik rumah dapat mengendalikan itu semua melalui perangkat smartphone ataupun dengan perintah verbal secara langsung. Contohnya pengguna dapat memantau dan mengatur arah kamera CCTV dari jarak jauh hanya dengan smartphone-nya. Dapat juga memerintahkan langsung fitur asisten AI seperti Alexa atau SIRI untuk mematikan lampu ketika diinginkan.

Mengenal Internet of Things (IoT), dari otomatisasi mobil sampai rumah pintar (Foto: Freepik.com/rawpixel.com)

Tak kalah signifikan lagi pengaruhnya pada bidang kesehatan. Dengan IoT, masalah kesehatan dapat dipantau dan diberikan peringatan kalau-kalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Perannya menjadi sangat krusial terutama jika berhubungan dengan pasien berpenyakit kronis.

Misalnya aplikasi medis yang disokong perangkat-perangkat jika terhubung satu sama lain dan juga terhubung ke internet dapat memberikan informasi detak jantung, tekanan darah, dan tingkat aktivitas fisik secara real-time. Jika terdeteksi komplikasi dan sejenisnya, sistem dapat memberikan peringatan ke smartphone pengguna ataupun tim medis.

Namun, pengembangan IoT juga memunculkan berbagai isu keamanan dan privasi yang akan menjadi PR besar para pemangku kebijakan. Salah satu isu utamanya adalah keamanan data yang dikirim melalui jaringan internet.

Jika data tersebut terenkripsi dengan baik, maka pencurian data, scamming, dan hacking dapat terjadi dan merugikan pengguna. Selain itu, pengumpulan data juga dapat menimbulkan kekhawatiran akan privasi pengguna. Pengguna harus memastikan data mereka aman dan tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

(brl/red)