Mengenal Internet of Things (IoT), dari otomatisasi mobil sampai rumah pintar

Mengenal Internet of Things (IoT), dari otomatisasi mobil sampai rumah pintar

Techno.id - Pernah melihat rumah yang bisa membuka jendela ketika diperintahkan pemiliknya? Atau mobil yang bisa menyetir sendiri? Meskipun hanya pernah melihatnya lewat film-film. Itulah tadi dua contoh kecil dari Internet of Things (IoT), teknologi yang memungkinkan perangkat elektronik dan perangkat gadget lainnya di sekitar kita saling terkoneksi satu sama lain.

Perangkat-perangkat tersebut nantinya mampu untuk saling berkomunikasi dan saling bertukar informasi tanpa memerlukan campur tangan manusia. Hal ini tentu saja dapat mempermudah aktivitas manusia serta meningkatkan efisiensi juga fungsi pada perangkat-perangkat yang digunakan.

Contoh IoT yang sudah sering kita saksikan adalah pada bidang otomotif. Di mana IoT telah menjadi unsur penting untuk mendukung tingkat efisiensi dan keamanan mobil. Banyak mobil yang sudah dilengkapi sensor-sensor pemantauan kondisi mesin secara real time. Misalnya sensor untuk informasi kecepatan, bahan bakar, peringatan kerusakan, dan tak lupa juga sensor jarak aman yang sangat membantu proses parkir kendaraan.

Mengenal Internet of Things (IoT), dari otomatisasi mobil sampai rumah pintar (Foto: Freepik.com/macrovector)

Selain itu, teknologi IoT juga dapat membantu mengoptimalkan lalu lintas dan mengurangi kemacetan apabila sistemnya dihubungkan dengan internet. Puncaknya, teknologi IoT telah mampu mewujudkan otomatisasi pada mobil. Dengan mengkoordinasikan komponen-komponen pada mobil dan mengoneksikan internet untuk mengetahui arah jalan, mobil pun sudah dapat menyetir sendiri sesuai dengan perintah pengemudi.

Magang : Millenia Ramadita

(brl/red)