Maskapai ini yang pertama di dunia menghadirkan kacamata AR dalam penerbangan

Maskapai ini yang pertama di dunia menghadirkan kacamata AR dalam penerbangan

Techno.id - Kamu mungkin pernah melakukan penerbangan jarak jauh yang memakan waktu hingga berjam-jam di pesawat? Biasanya, hiburan yang disediakan maskapai adalah menonton film atau mendengarkan lagu melalui layar LCD yang terpampang di depan kursi.

Kini dengan kemajuan teknologi, kamu bisa menikmati hiburan melalui Augmented Reality (AR). Cara inilah yang dilakukan Hainan Airlines. Maskapai asal China ini mengambil langkah maju yang signifikan dalam mendefinisikan ulang hiburan dalam penerbangan. Hainan Airlines belum lama ini meluncurkan pengalaman dalam penerbangan AR pertama di dunia.

Seperti dijelaskan dalam keterangan resmi Rokid, menggunakan perangkat AR Rokid, penumpang yang berangkat dari Shenzhen ke Xi'an disuguhi kejutan unik di atas Hainan Airlines penerbangan HU7874 pada 7 Februari 2024.

Kacamata khusus menunggu mereka di kursi, menawarkan pengalaman hiburan yang imersif dengan memungkinkan pengguna menikmati film 3D dengan layar tanpa batas 360 inci, resolusi 1080P, dan kecepatan refresh 120Hz, mirip dengan memiliki bioskop pribadi di ketinggian 30.000 kaki.

Maskapai ini yang pertama di dunia menghadirkan kacamata AR dalam penerbangan foto: rokid

Mulai 8 Februari lalu, lebih dari 20 penerbangan Hainan Airlines menggunakan Kit Hiburan Rokid AR, yang dimuat sebelumnya dengan beberapa film offline 3D, termasuk Rokid Station, perangkat TV Android yang dapat terhubung ke berbagai layanan streaming, memutar video yang diunduh, dan juga menjalankan game dan aplikasi. Inisiatif ini bertujuan untuk membawa kegembiraan bagi para pelancong, meningkatkan perjalanan mereka dengan teknologi terkini.

Untuk memastikan pengalaman menonton yang lancar dan menyenangkan, tim Rokid melakukan pengujian perangkat secara ekstensif dan memilih lima film terbaru yang cocok untuk ditonton saat Tahun Baru Imlek.

Kacamata Rokid AR dirancang untuk kenyamanan, dengan berat hanya 75 gram, dengan masa pakai baterai hingga 5 jam, memungkinkan konsumen menyelesaikan menonton tiga film sekaligus dengan mudah. Dilengkapi speaker dua arah, penumpang dapat menikmati suara berkualitas tinggi tanpa mengganggu orang lain.

Ke depan, dengan perbaikan infrastruktur yang berkelanjutan seperti jaringan 5G dan komputasi awan, Rokid berencana memperluas penerapan teknologi AR-nya dalam penerbangan, termasuk game interaktif real-time dan tur virtual. Tujuannya untuk menjadikan setiap penerbangan sebagai petualangan yang tak terlupakan bagi penumpang dari segala usia, benar-benar mengantarkan era "penerbangan cerdas."

(brl/red)