Ketahui panjang kabel yang ideal untuk charger ponsel

Ketahui panjang kabel yang ideal untuk charger ponsel

Techno.id - Ketika mengisi daya ponsel, mungkin banyak dari kita yang menganggap remeh panjang kabel. Padahal panjang kabel pengisi daya berdampak signifikan pada pengisian daya secara keseluruhan.

Kabel yang terlalu panjang dapat menimbulkan bahaya tersandung dan kusut. Sementara kabel yang pendek mungkin tidak memberikan fleksibilitas yang cukup untuk penggunaan yang nyaman.

Jadi, berapa idealnya panjang kabel pengisi daya? Panjang kabel pengisian daya yang ideal adalah 1 hingga 2 meter. Apakah panjang kabel memengaruhi kecepatan pengisian daya?

Dalam ilmu kelistrikan, semakin panjang kabel maka akan semakin tinggi resistensinya sehingga memengaruhi aliran arus listrik. Artinya, semakin panjang kabel, maka semakin lama waktu yang dibutuhkan perangkat untuk terisi daya karena resistivitas.

Pro dan kontra kabel pendek (30 cm)

Ketahui panjang kabel yang ideal untuk charger ponsel foto: unsplash/lucian alexe

Kelebihan

1. Portabilitas, kabel pengisian daya yang pendek itu ringan, sehingga mudah dibawa dan digunakan.

2. Hemat ruang, tidak memakan banyak tempat dibanding kabel yang lebih panjang.

3. Simpel, sederhana, mudah digunakan, dan tidak memerlukan aksesori tambahan.

Kekurangan

1. Jarak terbatas, kamu mungkin tidak dapat menjangkau stopkontak atau sumber daya listrik yang jauh ketika menggunakan kabel pendek. Akan menjadi masalah jika lokasi stopkontak agak jauh dari tempat untuk meletakkan ponsel.

2. Mudah rapuh, kabel pengisi daya yang pendek lebih mudah tertekuk atau rusak daripada kabel yang lebih panjang, yang menyebabkan kabel mudah putus.

3. Keserbagunaan terbatas, kabel pengisian daya yang pendek biasanya hanya dapat digunakan untuk mengisi daya perangkat, tidak bisa digunakan untuk transfer data.

(brl/red)