9 Penyebab pengisi daya ponsel cepat panas, hindari mengisi daya ponsel saat hendak tidur

9 Penyebab pengisi daya ponsel cepat panas, hindari mengisi daya ponsel saat hendak tidur

Techno.id - Mungkin banyak dari kamu yang pernah mengalami perangkat pengisi daya (adaptor) cepat panas saat digunakan. Ketika adaptor digunakan untuk mengisi daya memang terjadi peningkatan suhu. Adaptor akan hangat.

Biasanya, suhu rata-rata pengisi daya ketika digunakan adalah antara 35C - 40C. Apabila suhu meningkat hingga lebih dari 45C, ini bisa menjadi tanda bahaya, dan kamu harus segera memeriksa apa yang salah dengan pengisi daya tersebut. Berikut ini beberapa kemungkinan penyebabnya.

1. Menggunakannya terlalu lama

9 Penyebab pengisi daya ponsel cepat panas, hindari mengisi daya ponsel saat hendak tidur foto: freepik/noppadon_chaingam

Pengisi daya bisa cepat panas karena pengguna terbiasa menggunakannya terlalu lama. Ketika kamu sering meninggalkan pengisi daya sepanjang malam untuk mengisi daya ponsel saat hendak tidur, maka hal tersebut akan menyebabkan kerusakan beberapa komponen adaptor. Namun saat ini kebanyakan adaptor akan secara otomatis berhenti menarik arus ketika ponsel sudah penuh.

2. Suhu

Lingkungan yang terlalu panas juga dapat menyebabkan suhu pengisi daya cepat meningkat. Karena itu sebaiknya gunakan pengisi daya pada ruangan yang cukup ventilasi. Sebab aliran udara sekitar dapat membantu mendinginkan perangkat.

3. Masalah soket

9 Penyebab pengisi daya ponsel cepat panas, hindari mengisi daya ponsel saat hendak tidur foto: freepik/sergio pulp

Penggunaan dari waktu ke waktu membuat soket adaptor menjadi aus. Ketika steker listrik tidak sesuai dengan soket atau longgar, maka akan menyebabkan peningkatan suhu yang cepat. Sebab, sambungan yang longgar menghasilkan panas dan memanaskan adaptor secara keseluruhan.

4. Ketidakcocokan

Ketidakcocokan terjadi ketika input pengisian daya perangkat kurang dari output pengisi daya atau sebaliknya. Energi digunakan untuk mengisi daya perangkat, dan sisanya diubah menjadi panas. Baik baterai perangkat kamu atau pengisi daya akan menjadi panas dalam kasus ini.

(brl/red)