Jelang Lebaran, Telkomsel kerahkan jaringan bertenaga penuh

Telkomsel © 2015 techno.id
Techno.id - Hari raya Idul Fitri semakin dekat, lonjakan aktivitas terlihat di berbagai sektor, termasuk komunikasi. Telkomsel kembali menyatakan kesiapan jaringannya menghadapi lonjakan trafik mendekati puncak masa Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2015.
Mengantisipasi lonjakan trafik yang akan terjadi jelang Lebaran, Telkomsel telah melakukan optimalisasi seluruh elemen jaringan dan penambahan kapasitas yang lebih besar. Hal ini meliputi upgrading kapasitas core network VLR (Visitor Location Register), SMSC (Short Message Service Center), MMSC (Multimedia Message Service Center), HLR (Home Location Register).
Kapasitas VLR di tahun ini ditingkatkan menjadi 218 juta, sedangkan HLR sebesar 330 juta subscribers. Kapasitas SMS yang disiapkan sebesar 106.493 SMS/detik dengan kapasitas volume trafik 2,39 milyar SMS dan untuk kapasitas MMS menjadi 200 MMS per detik atau setara dengan 4,32 juta MMS per hari.
Untuk kapasitas layanan data, jaringan Telkomsel telah memiliki lebih dari 97.000 BTS (Base Transceiver Station), baik 2G, 3G dan 4G dimana sebanyak lebih dari 50% diantaranya merupakan BTS 3G (Node-B) ditambah dengan 1.110 BTS 4G (eNode-B), yang mampu melayani bandwidth internet sebesar 427 Gbps (Giga bit per second).
Khusus untuk momen RAFI tahun ini, dalam upaya menjaga kualitas jaringan, Telkomsel membangun 59 BTS baru, upgrade 806 BTS & 63 BSC/RNC, serta menyiagakan 62 COMBAT (Compact Mobile Base Transceiver) di tempat-tempat keramaian dengan arus komunikasi yang padat.
Dalam keterangan resmi yang diterima Techno.id, Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah dan Direktur Sales Telkomsel Mas’ud Khamid telah memantau langsung ke lokasi COMBAT yang disiapkan jelang Lebaran untuk memastikan persiapan yang dilakukan perusahaannya sudah optimal dan sesuai rencana.
Telkomsel mengidentifikasi sebanyak 781 titik layanan PREMIUM (Public Service, Religion Areas, Mall & Indoor Center, Uniqueness Areas, dan Massive Areas) yang meliputi bandara, stasiun kereta api, tempat ibadah, mall tempat wisata dan pusat keramaian dimana di titik-titik tersebut Telkomsel akan berupaya untuk memaksimalkan layanan yang diberikan, khususnya layanan data.
Tak hanya itu, Telkomsel pun siap dengan layanan siaga dengan menggelar 128 GraPARI dan 392 Mobile GraPARI, 267 branch office, dan 5 Call Center dengan pelayanan 24 jam 7 hari seminggu, serta pelayanan di channel digital baik akun Facebook atau Twitter.
Perusahaan telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia ini mengaku akan memantau trafik dan memelihara kinerja perangkatnya secara ketat sepanjang masa puncak RAFI selama 24 jam penuh secara terpusat melalui Telkomsel Network Operation Centre (NOC) di Jakarta. Fasilitas itu diklaim mampu memonitor secara real time sehingga segala permasalahan yang muncul dapat segera diatasi guna menjamin kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi.
RECOMMENDED ARTICLE
HOW TO
-
Cara mudah cek iPhone bekas terbaru 2025, jangan sampai tertipu dengan harga murah malah dapat zonk
-
Gimbal HP anti goyang cuma modal pipa PVC bekas? Ini cara bikinnya terbaru yang murah
-
15 Prompt ChatGPT untuk bantu pelajar SMA pelajari konsep mata pelajaran fisika yang susah sekali
-
5 Prompt ChatGPT menerjemahkan menu makanan ke bahasa Inggris, ternyata akurat & selesai satu klik
-
Cara terbaru hapus cache aplikasi Photoshop di Mac atau Windows, biar makin sat-set
TECHPEDIA
-
5 Tanggal Steam Sale paling populer yang termurah, game harga ratusan ribu bisa dapat diskon 90%
-
Intip canggihnya Galaxy S25 Edge, bodinya bakal cuma setebal biji beras?
-
Tinggal diajak ngobrol, chatbot AI punya Netflix ini bisa kasih rekomendasi film yang asyik
-
Skype berhenti beroperasi setelah lebih dari 20 tahun, ganti jadi produknya Microsoft yang satu ini
-
Apa itu pindai mata dan World Coin, ternyata berbahaya bagi data pribadi pengguna
LATEST ARTICLE
TECHPEDIA Selengkapnya >
-
5 Tanggal Steam Sale paling populer yang termurah, game harga ratusan ribu bisa dapat diskon 90%
-
Intip canggihnya Galaxy S25 Edge, bodinya bakal cuma setebal biji beras?
-
Tinggal diajak ngobrol, chatbot AI punya Netflix ini bisa kasih rekomendasi film yang asyik
-
Skype berhenti beroperasi setelah lebih dari 20 tahun, ganti jadi produknya Microsoft yang satu ini