iPhone akhirnya akan mendukung pesan RCS dari smartphone Android, ini alasannya

iPhone akhirnya akan mendukung pesan RCS dari smartphone Android, ini alasannya

Techno.id - Setelah bertahun-tahun menentang, Apple sekarang setuju untuk mendukung standar pesan RCS (Rich Communication Service).RCS adalah masa depan "SMS" di ponsel. Seperti namanya, layanan ini menambahkan pengalaman yang lebih kaya pada pesan teks dan multimedia.

Keputusan untuk mendukung RCS ini sangat meningkatkan komunikasi antara pengguna iOS dan Android saat mengirim foto, video, atau data lokasi. Adopsi RCS juga dapat meringankan keluhan gelembung hijau dalam obrolan grup, meskipun RCS masih kekurangan banyak fitur eksklusif iMessage milik Apple.

Ketika ditanya tentang dukungan RCS pada tahun 2022, CEO Apple, Tim Cook, menjawab pihaknya (Apple) ingin sekali membuat pengguna beralih ke iPhone. Apple selalu bersikukuh dalam penolakannya terhadap RCS. Karena itu perubahan haluan hari ini sedikit mengejutkan.

iPhone akhirnya akan mendukung pesan RCS dari smartphone Android, ini alasannya foto: freepik/creativeart

Beberapa orang akan memuji Google atas perubahan yang diambil Apple ini. Google sudah sejak lama menuduh Apple mempersenjatai pesan teks. Bahkan baru-baru ini Google meminta Uni Eropa untuk memaksakan standar RCS ke Apple. Uni Eropa mengatakan "tidak" pada proposal Google tersebut, tetapi Apple mungkin takut dengan ancaman tindakan regulasi.

Dalam sebuah pesan singkat kepada wartawan, Apple menjelaskan bahwa mereka akan menghadirkan RCS Universal Profile ke iPhone akhir tahun depan. Mereka juga mengakui bahwa RCS akan menawarkan interoperabilitas yang lebih baik daripada standar SMS dan MMS yang sudah ketinggalan zaman.

Tetapi Apple ingin menyebutkan bahwa iMessage lebih aman daripada RCS. Memang benar, sebab iMessage mendukung enkripsi end-to-end, sementara RCS tidak. Menurut TechRadar, Apple ingin membantu Asosiasi GSM menambahkan enkripsi end-to-end ke RCS. Tetapi tidak akan mengembangkan solusi enkripsi eksklusif untuk pesan RCS.

iPhone akhirnya akan mendukung pesan RCS dari smartphone Android, ini alasannya foto: freepik/sodawhiskey

Sebagai pengguna iPhone, kamu mungkin tidak akan menyadari penambahan RCS. Kamu mungkin akhirnya dapat mengirim foto dan video berkualitas tinggi ke pengguna Android, tetapi itu mungkin satu-satunya perubahan besar.

Sementara Obrolan grup antara pengguna iOS dan Android masih akan kehilangan banyak fitur terbaik Apple, termasuk pengeditan pesan dan permainan iMessage. Pengguna masih akan meributkan tentang gelembung hijau, meskipun Apple mungkin akan memilih warna yang berbeda, atau warna hijau yang berbeda untuk obrolan RCS.

(brl/red)