Cara mengatur fitur kamera iPhone agar menghasilkan foto resolusi tinggi

Cara mengatur fitur kamera iPhone agar menghasilkan foto resolusi tinggi

Techno.id - Secara default, iPhone mengambil foto 12MP atau 24MP pada seri iPhone 15. Namun, beberapa pengaturan dapat menurunkan angka tersebut karena kamu secara tidak sengaja mengaktifkannya.

Sesuaikan rasio aspek kamera

Rasio aspek pada dasarnya adalah rasio lebar terhadap tinggi gambar. Rasio aspek default pada iPhone adalah 4:3 karena sensor kameranya 4:3.

Jika kamu telah mengatur rasio aspek ke yang lain, iPhone hanya akan menggunakan sebagian dari sensornya, yang mengarah ke detail yang lebih rendah sehingga akan mengaktifkan megapiksel yang lebih rendah. Inilah cara mengubah rasio aspek kamera iPhone.

Cara mengatur fitur kamera iPhone agar menghasilkan foto resolusi tinggi foto: unsplash/suganth

1. Buka aplikasi Kamera bawaan pada iPhone dan pastikan ponsel dalam mode Foto.

2. Usap ke atas dalam mode Foto untuk membuka opsi kamera.

3. Ketuk di mana tertulis 16:9 atau 1:1. Kemudian, pilih 4:3 dari opsi yang tersedia.

4. Jika rasio aspek Anda kembali ke 16:9 atau 1:1 saat meluncurkan kembali aplikasi Kamera, kamu dapat memperbaikinya di Pengaturan > Kamera > Pertahankan Pengaturan. Nonaktifkan Creative Controls (Kontrol Kreatif), dan rasio aspek kamu akan kembali ke default setiap kali kamu meluncurkan aplikasi kamera.

Memotret dalam format Pro

Cara mengatur fitur kamera iPhone agar menghasilkan foto resolusi tinggi foto: unsplash/designecologist

Model iPhone 14 Pro dan 15 Pro dapat menghasilkan resolusi gambar terbaik apabila kamu memotret dalam format Pro. Tetapi karena tidak diaktifkan secara default, kamu harus mengikuti langkah-langkah ini.

1. Buka Pengaturan > Kamera dan ketuk Format.

2. Pastikan Mode Foto ditetapkan ke 24MP.

3. Aktifkan ProRAW & Kontrol Resolusi.

4. Ketuk Pro Default dan pilih HEIF Max atau ProRAW Max.

Meskipun resolusi dan megapiksel bukan satu-satunya hal yang kamu perlukan untuk menghasilkan foto yang bagus, namun keduanya menawarkan standar minimum untuk kualitas gambar. Dengan megapiksel yang lebih tinggi, kamu memiliki foto yang dapat digunakan untuk banyak hal dan memanipulasinya tanpa kehilangan terlalu banyak kualitas.

(brl/red)