Cara mengetahui apakah iPhone kamu mengisi daya dengan cepat

Cara mengetahui apakah iPhone kamu mengisi daya dengan cepat

Techno.id - Jika kamu membeli iPhone baru sejak tahun 2017, kemungkinan besar iPhone tersebut mendukung pengisian daya cepat. Sayangnya, meskipun pengisian daya cepat adalah cara yang bagus untuk mengisi ulang daya baterai iPhone hingga penuh dalam waktu singkat, namun tidak selalu jelas apakah pengisian daya cepat berfungsi atau tidak.

Beberapa iPhone memiliki pengisian daya cepat, tetapi hanya model tertentu. Sebagai contoh, Apple memperkenalkan pengisian daya cepat pada tahun 2017 dengan iPhone 8, dan setiap model yang dirilis sejak saat itu mendukung fungsionalitas ini.

Meski begitu, Apple tidak serta merta menyertakan pengisi daya cepat pada paket penjualan. Satu-satunya iPhone yang dijual dengan pengisi daya cepat adalah iPhone 11 Pro dan iPhone Pro Max.

Model sebelumnya tidak dilengkapi dengan pengisi daya cepat. Begitu juga dengan lini iPhone 12. Jadi meski kamu memiliki iPhone dengan kemampuan pengisian daya cepat, tetapi belum tentu memiliki adaptor daya yang mampu melakukannya.

Cara mengetahui pengisi daya cepat iPhone

Cara mengetahui apakah iPhone kamu mengisi daya dengan cepat foto: freepik/irinagutyryak

Meskipun tidak ada cara resmi untuk memeriksa apakah adaptor kamu mengisi daya dengan cepat, berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat.

1. iPhone dikodekan secara khusus untuk menghentikan pengisian daya cepat setelah baterai mencapai 80%. Pengisian daya cepat hanya akan dimulai ketika kapasitasnya antara 0% dan 79%.

2. Kamu tidak memerlukan adaptor yang lebih kuat dari 20W. iPhone hanya dapat menangani pengisian daya 20W, jadi adaptor yang lebih kuat tidak menawarkan manfaat yang nyata.

3. Kamu bisa memasang aplikasi pihak ketiga seperti Ampere, yang mengukur arus dan tegangan pengisian daya yang masuk. Aplikasi ini juga dapat membantu memecahkan masalah adaptor atau kabel yang rusak.

4. Dua faktor yang kamu perlukan untuk mengisi daya iPhone dengan cepat adalah kabel USB-C ke Lightning dan adaptor daya minimal 18 watt (iPhone 12 ke atas membutuhkan adaptor 20W).

5. Kamu bisa menggunakan pengisi daya apa pun dengan daya yang cukup dan port USB-C - pastikan pengisi daya tersebut mendukung USB Power Delivery (USB-PD).

Setelah kamu memiliki peralatan yang tepat, iPhone akan mengisi daya dengan cepat tanpa masalah. Namun terlepas dari apakah iPhone kamu mendukung pengisian daya cepat atau tidak, ada cara lain untuk mengisi daya ponsel lebih cepat, seperti mengaktifkan mode Pesawat atau mematikan ponsel, sehingga aplikasi latar belakang tidak berjalan.

(brl/red)